redaksiharian.comSoftware akuntansi merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki fitur lengkap untuk mengelola catatan transaksi sebuah bisnis. Software ini berfungsi penting bagi para pebisnis untuk menyusun laporan akuntansi yang efektif dan minim kesalahan.

Salah satu software akuntansi ialah Mekari Jurnal yang menawarkan banyak fitur menarik dan mempermudah pengelolaan catatan transaksi di era digital. Namun ada rekomendasi software akuntansi lain yang juga tersedia saat ini.

Rekomendasi Software Akuntansi untuk Dipilih

Para pelaku bisnis saat ini dimudahkan dengan banyaknya perkembangan teknologi. Termasuk dalam hal mengelola catatan transaksi dan menyusun laporan akuntansi bisnis.

Ada software akuntansi online yang bisa diandalkan dengan fitur-fitur canggihnya, antara lain beberapa jenis software akuntansi yang layak jadi pilihan berikut ini.

1. Mekari Jurnal

Jurnal by Mekari atau Mekari Jurnal jadi rekomendasi untuk digunakan karena sudah cukup populer di kalangan pebisnis. Jurnal juga merupakan salah satu pelopor software akuntansi online di Indonesia.

Untuk keamanan, Jurnal by Mekari sudah menggunakan keamanan standar ISO 27001 yang sudah terjamin. Selain itu ada banyak kelebihan lain, seperti memantau data secara real time hingga kustomisasi fitur yang bisa mendukung secara optimal proses pengolahan data.

2. Xero

Banyak juga pebisnis di Tanah Air yang menggunakan Xero. Software ini memiliki kemampuan untuk terkoneksi dengan berbagai jenis aplikasi.

Selain itu, fitur pengelolaan akuntansinya juga cukup mudah untuk dipelajari atau user friendly. Tidak heran jika Xero cukup banyak diminati oleh para pelaku UMKM atau perusahaan startup rintisan.

Xero memang cocok untuk bisnis-bisnis yang baru berkembang. Fiturnya cukup lengkap dan dari segi biaya juga cukup terjangkau. Selain itu sistem penyusunan laporan akuntansinya sudah cukup baik dan terbilang aman.

3. MYOB Accounting

Rekomendasi berikutnya adalah MYOB Accounting yang tidak kalah user-friendly dari software sebelumnya. Dari segi kredibilitas, software ini sangat bisa dipercaya. Sudah ada banyak perusahaan yang menggunakan MYOB untuk mengelola data akuntansi mereka.

Ada banyak pilihan fitur yang bisa mempermudah para pengguna dalam menyusun laporan akuntansi bisnis. Selain itu, software ini mudah sekali untuk diakses secara online sehingga dapat membantu para pebisnis yang mengelola perusahaan mereka secara remote.

4. FreshBooks

Ada juga software bernama FreshBooks yang tidak kalah populer dan cukup banyak digunakan oleh para pebisnis. Salah satu kelebihannya adalah bisa dipakai oleh para pekerja lepas maupun pebisnis yang berskala kecil atau menengah. Hal ini disebabkan oleh fitur-fitur FreshBooks yang mudah sekali untuk diakses.

Namun perlu diketahui, FreshBooks ini kurang cocok untuk jenis bisnis yang sudah berskala besar. Fitur yang ditawarkan masih kurang lengkap untuk kebutuhan akuntansi perusahaan besar.

5. Zoho Books

Lanjut ke pilihan software berikutnya, ada Zoho Books. Software yang satu ini juga banyak direkomendasikan untuk bisnis-bisnis kecil.

Zoho Books tersedia dalam versi mobile, sehingga praktis untuk diakses. Namun jumlah pengguna yang bisa mengakses software ini sangat terbatas, yaitu hanya 10 akun sehingga kurang direkomendasikan untuk jenis bisnis berskala besar.

Zoho Books sendiri memiliki fitur-fitur akuntansi yang cukup lengkap dan efisien. Bahkan, pengguna yang memakai versi gratis bisa mendapatkan fitur-fitur yang memadai. Jika pengguna menggunakan versi berbayar, maka ada semakin banyak pilihan fitur yang dapat digunakan.

6. Wave

Selanjutnya ada software akuntansi Wave dengan fitur cukup lengkap dan cocok dipakai oleh bisnis skala kecil. Wave banyak direkomendasikan untuk pebisnis kecil yang masih belum punya banyak bujet. Sebab, software ini menyediakan versi gratis yang dapat digunakan sesuai kebutuhan pebisnis tanpa perlu membayar biaya langganan apapun.

Selain itu Wave juga cukup mudah untuk digunakan. Tak hanya menawarkan fitur lengkap, Wave memiliki interface yang user-friendly jadi mudah dipelajari. Bahkan pemula sekalipun pasti bisa dengan mudah menggunakan software ini untuk kepentingan pengelolaan akuntansi bisnis.

Dari sekian banyak pilihan software akuntansi tadi, Mekari Jurnal bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda. Software ini menawarkan fitur yang lengkap dan bisa diatur sesuai kebutuhan perusahaan. Mekari Jurnal juga sudah sangat populer dan dipercaya oleh banyak pelanggan, mulai dari pebisnis kecil hingga perusahaan besar.

Mekari Jurnal menawarkan beragam kelebihan yang membuat pengelolaan akuntansi bisnis jadi lebih mudah dan efisien. Dengan akses yang dapat dilakukan secara real time, software ini akan sangat membantu Anda mengontrol bisnis dari mana saja. Konsultasikan terlebih dahulu dengan tim Mekari untuk menggunakan layanan tersebut.