redaksiharian.com – Seorang pria asal Inggris ditahan Kepolisian Korea Selatan (Korsel) saat berupaya memanjat gedung bertingkat, Lotte World Tower , setinggi 123 lantai yang ada di ibu kota Seoul . Pria itu nekat melakukan aksi pemanjatan gedung tertinggi kelima di dunia itu tanpa menggunakan tali atau pelindung apapun.

Seperti dilansir Reuters, Senin (12/6/2023), otoritas Korsel tidak menyebut identitas pria Inggris yang ditangkap itu. Surat kabar lokal Chosun Ilbo mengidentifikasi pria Inggris itu sebagai George King-Thompson.

Laporan menyebut pria berusia 24 tahun itu memanjat Lotte World Tower dengan selama lebih dari satu jam ketika polisi dan petugas pemadam kebakaran berkumpul di bawah gedung.

Ketika pria itu mencapai lantai 73, menurut seorang pejabat dinas pemadam kebakaran setempat, aparat berwenang Seoul memaksanya untuk masuk ke gondola pemeliharaan dan memasuki gedung.

Pria itu kemudian ditangkap oleh polisi untuk diinterogasi lebih lanjut.

Belum ada keterangan resmi dari Kepolisian Korsel soal insiden ini.

Laporan media Inggris menyebut King-Thompson sebelumnya pernah ditangkap dan dijebloskan ke dalam penjara karena memanjat gedung Shard di London tahun 2019.

Aksi pemanjatan serupa pernah dilakukan oleh seorang pria Prancis bernama Alain Robert, yang dijuluki ‘French Spiderman’. Tahun 2018, Robert ditangkap polisi Korsel saat dia telah memanjat lebih dari separuh Lotte World Tower.