redaksiharian.com – Kejadian dramatis terjadi di Florida saat sebuah sinkhole atau lubang raksasa terbuka di dekat pemukiman warga. Lubang tersebut terletak di sekitar Scott Lake Road dan Fitzgerald Road di Lakeland, Florida , dengan mengancam beberapa rumah dan menghalangi jalan.

Meskipun dua rumah di dekatnya dievakuasi sebagai tindakan pencegahan, beruntungnya sejauh ini tidak ada kerusakan struktural yang dilaporkan.

Menanggapi situasi tersebut, Kantor Sheriff Polk County segera menutup jalan yang terkena dampak hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Jake Jarvis, Direktur Jalan dan Drainase Polk County, mengonfirmasi bahwa penutupan jalan akan terus berlanjut hingga lubang runtuhan tersebut stabil.

Pihak berwenang secara aktif bekerja untuk memeriksa dan memperbaiki lubang runtuhan, dan mengimbau para pengemudi untuk mencari rute alternatif sementara area tersebut masih ditutup.

Lubang runtuhan yang diperkirakan memiliki lebar sekitar 75 kaki ini telah meluas sejak pertama kali muncul pada Jumat pagi, menurut Asisten Kepala Operasi di Polk County Fire Rescue.

Para pejabat setempat berspekulasi bahwa lubang runtuhan tersebut mungkin terkait dengan aktivitas konstruksi di dekatnya.

Jadwal stabilisasi untuk lubang tersebut belum ditentukan, tetapi penghalang di Jalan Scott Lake tetap masih akan dipasang. Kepolisian Kabupaten Polk telah mengimbau masyarakat untuk menjauhi area tersebut.

Menurut Departemen Perlindungan Lingkungan Florida , sinkhole terbentuk ketika endapan permukaan runtuh ke dalam rongga bawah tanah di lapisan batu kapur.

Seiring waktu, air tanah perlahan-lahan melarutkan batu kapur tersebut, menyebabkan terbentuknya rongga dan gua yang tidak lagi mampu menopang bobot endapan di atasnya. (Oktaviane Putri Vadilah)***