redaksiharian.com – Donald Trump pada Sabtu (10/6/2023) mencerca sistem peradilan Amerika Serikat korup, setelah mantan Presiden AS itu menghadapi 37 dakwaan.

Dakwaan-dakwaan yang dirilis pada Jumat (9/6/2023) oleh jaksa penuntut tersebut berpusat pada dugaan Trump membawa pulang dokumen rahasia negara dari Gedung Putih setelah lengser pada 2021.

Trump saat berpidato di hadapan dua konvensi Partai Republik–pertama di Georgia kemudian di North Carolina–mencerca serangan hukum yang dia sebut tidak adil terhadapnya.

“Kalian berurusan dengan orang gila,” kata Trump di Greensboro, North Carolina, dikutip dari kantor berita AFP.

“Dakwaan tak berdasar terhadap saya oleh departemen ketidakadilan bersenjata di pemerintahan Biden akan menjadi salah satu penyalahgunaan kekuasaan paling mengerikan dalam sejarah negara kita,” lanjutnya.

Sebelumnya di Columbus, negara bagian Georgia, Trump mengatakan kepada massa bahwa dia dikejar pengadilan karena mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua di pemilihan presiden atau pilpres AS 2024.

Pengadilan federal di Miami mendakwa Trump menempatkan keamanan nasional AS dalam risiko dengan sengaja menyimpan informasi pertahanan rahasia, berkonspirasi menghalangi penyelidikan, menyembunyikan dokumen, dan memberikan kesaksian palsu.

Dakwaan yang diajukan oleh Penasihat Khusus Departemen Kehakiman Jack Smith ini masing-masing memiliki hukuman hingga 20 tahun penjara.

Trump menanggapi dakwaan tersebut dengan serangkaian unggahan di platform Truth Social miliknya.

Ia menyebut Smith “gila”, “pembenci Trump”, dan menyebut dakwaan ini adalah campur tangan yang diatur Biden dan tim kampanyenya.

“Mereka mengejar saya karena sekarang kami memimpin polling lagi dengan selisih banyak melawan Biden,” katanya.

Sejauh ini, tanggapan dari para Republikan–termasuk beberapa saingan nominasi di partai Trump–adalah mendukung mantan presiden itu.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kevin McCarthy, yang hubungannya naik-turun dengan Trump, mengatakan bahwa dakwaan tersebut menandai hari yang kelam bagi Amerika Serikat.

“Saya, dan setiap orang Amerika yang percaya pada aturan hukum, mendukung Presiden Trump,” ujar McCarthy.

Gubernur Florida Ron DeSantis yang dipandang sebagai penantang terkuat Trump untuk nominasi Partai Republik sependapat, dengan menuding Departemen Kehakiman AS “dipersenjatai”.