redaksiharian.com – Sebuah serangan drone menghantam dan memicu kebakaran di sebuah kilang minyak yang ada di wilayah Rusia bagian selatan. Moskow menuding Ukraina sebagai dalang di balik serangan drone terbaru itu.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (31/5/2023), otoritas Rusia juga melaporkan sebuah serangan artileri Ukraina terhadap kota Shebekino yang berjarak hanya tujuh kilometer sebelah utara wilayah Kharkiv di Ukraina. Serangan itu tercatat sebagai serangan ketiga di wilayah perbatasan dalam sepekan terakhir.

Gubernur setempat Vyascheslav Gladkov dalam pernyataan via Telegram melaporkan sedikitnya dua orang harus dirawat di rumah sakit akibat serangan itu.

Gladkov juga menyebut serangan itu menghancurkan jendela-jendela bangunan dan merusak atap gedung apartemen delapan lantai, empat rumah warga, sebuah sekolah dan beberapa tempat lainnya.

Secara terpisah, Gubernur Krasnodar Veniamin Kondratyev menyebut kebakaran di kilang minyak Afipsky kemungkinan besar disebabkan oleh serangan drone. Kebakaran itu berhasil segera dipadamkan, dengan Veniamin menyatakan tidak ada korban jiwa.

Kilang minyak Afipsky itu terletak tidak jauh dari pelabuhan Novorossiisk di tepi Laut Hitam, dan dekat dengan sebuah kilang minyak lainnya yang beberapa kali diserang sepanjang bulan ini.

Tidak ada informasi langsung soal dalang di balik serangan drone itu. Namun Moskow menuduh Kiev telah meningkatkan serangan di dalam wilayah Rusia dalam beberapa pekan terakhir, sementara Moskow sendiri berulang kali menggempur kota-kota Ukraina dengan drone dan rudal.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Reuters tidak bisa memverifikasi secara independen laporan-laporan serangan di wilayah Rusia itu.

Serangan drone dan serangan artileri di wilayah Rusia yang dituduhkan ke Ukraina itu terjadi sehari setelah Kremlin menuduh Kiev mendalangi rentetan serangan drone di wilayah ibu kota Moskow.

Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin melaporkan dua orang mengalami luka-luka akibat serangan drone pada dini hari itu, dengan salah satu korban dirawat di rumah sakit setempat, namun dia menyatakan ‘tidak ada yang mengalami luka serius’.

Tidak ada laporan korban tewas akibat rentetan serangan drone itu.