redaksiharian.com – Ukraina membantah terlibat secara langsung dalam rentetan serangan drone yang menghujani ibu kota Moskow di Rusia . Namun demikian, Kiev mengakui tengah ‘menikmati’ situasi di Moskow dan memprediksi masih akan ada serangan lainnya.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (31/5/2023), bantahan itu disampaikan oleh penasihat kepresidenan Ukraina Mykhailo Podolyak saat berbicara dalam acara saluran YouTube ‘Breakfast Show’.

“Soal serangan itu, tentu saja kami senang untuk menyaksikannya dan memprediksi peningkatan jumlah serangan,” ujarnya.

“Tapi tentu saja, kami tidak ada hubungannya secara langsung dengan hal ini,” tegas Podolyak.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyebut serangan drone Ukraina itu sebagai ‘aktivitas teroris’ yang bertujuan untuk menakut-nakuti dan memprovokasi Moskow.

Otoritas Rusia mengklaim delapan drone yang menargetkan wilayah sipil Moskow dan sekitarnya, yang dihuni lebih dari 21 juta penduduk, pada Selasa (30/5) dini hari berhasil ditembak jatuh, dengan beberapa drone lainnya dialihkan dengan peralatan jammer elektronik khusus.

Laporan Kementerian Pertahanan Rusia secara terpisah, seperti dilansir AFP, menyebut lima drone berhasil ditembak jatuh dan tiga drone lainnya dinonaktifkan.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Lebih lanjut, laporan AFP menyebut dua drone menghantam gedung permukiman bertingkat di Moskow bagian barat daya, sedangkan satu drone lainnya memicu kerusakan pada sebuah gedung permukiman di pinggiran Moskow.

Beberapa drone lainnya jatuh di luar Moskow, dengan beberapa puing drone ditemukan di lokasi berjarak 15 kilometer dari kediaman Putin di Novo-Ogaryovo.

Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin melaporkan dua orang mengalami luka-luka akibat serangan dini hari itu, dengan salah satu korban dirawat di rumah sakit setempat, namun dia menyatakan ‘tidak ada yang mengalami luka serius’. Tidak ada laporan korban tewas akibat rentetan serangan drone itu.

Serangan drone di Moskow itu terjadi setelah Ukraina melaporkan gelombang serangan drone Rusia di wilayah ibu kota Kiev dan sekitarnya pada awal pekan ini. Kiev mengklaim berhasil menembak jatuh sekitar 29 drone, dari total 31 drone, yang dilancarkan Moskow.

Serangan drone di Moskow, bisa ditebak, membuat banyak warga Ukraina bersuka cita. Wali Kota Kiev dalam pernyataannya menyebut warga Moskow harus turut merasakan ‘apa artinya hidup dalam kondisi yang dialami Kiev selama satu setengah tahun terakhir’.