redaksiharian.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan bahwa pemerintah ingin menciptakan demam olahraga di tengah masyarakat melalui kegiatan-kegiatan di sekolah.

Hal ini ia sampaikan seusai memimpin rapat tingkat menteri terkait Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

“Saya ingin (demam) olahraga ini dimulai ke depan itu dari sekolah, dari sekolah-sekolah. Kita harus melakukan olahraga di semua sekolah, dari SD sampai perguruan tinggi, ini harus kita bangun dari sekolah,” kata Ma’ruf, Selasa sore.

Ma’ruf menuturkan, pemerintah akan menyiapkan guru-guru olahraga yang bersertifikat agar murid-murid sekolah kelak akan memiliki prestasi di bidang olahraga.

Ia menyebutkan, upaya menciptakan demam olahraga itu juga akan dikaitkan dengan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) yang dikerjakan oleh Kementerian Kesehatan.

“Germas ini nanti dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga nanti bergabung dan dengan pemerintah daerah juga nanti akan ada gerakan-gerakan olahraga di daerah,” kata Ma’ruf.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menambahkan, pemerintah pun akan memasukkan kegiatan olahraga dalam kurikulum pendidikan demi menimbulkan wabah olahraga di tengah masyarakat.

“Dari sektor pendidikan dimasukkan kepada kurikulum dan juga kewajiban para siswa itu untuk mengikuti ekstrakurikuler olahraga,” ujar Dito.

Sementara itu, pemerintah daerah akan diwajibkan untuk mengadakan festival olahraga baik untuk pelajar maupun masyarakat umum.

“Jadi, itu suatu kebijakan yang mungkin bisa kita lakukan dalam rangka mendorong budaya olahraga ini lebih semarak dari Sabang sampai Merauke,” kata Dito.