redaksiharian.com – Tren HP layar lipat (foldable phone) agaknya bakal makin kencang sepanjang 2023. Penjualannya diprediksi tumbuh hingga 50% secara tahun-ke-tahun (YoY), menurut laporan firma riset IDC pada Maret lalu.

Menanggapi tren tersebut, pabrikan HP mulai gencar menelurkan seri foldable phone. Salah satunya Oppo yang baru saja meresmikan lini Find N2 Flip di Indonesia pada awal Mei 2023.

CNBC Indonesia berkesempatan menjajal Oppo Find N2 Flip selama kurang lebih 3 minggu. Kami menggunakannya sebagai perangkat utama yang menyokong aktivitas sehari-hari alias ‘daily driver’.

Beberapa kegiatan yang intens kami lakukan adalah berselancar di internet (browsing), melakukan obrolan teks/video/suara via aplikasi WhatsApp, melakukan perekaman video dan penjepretan foto, scrolling media sosial, serta main game.

Dalam review kali ini, kami akan mengupas soal desain Oppo Find N2 Flip beserta fungsionalitas layar sekundernya (cover screen), fleksibilitas antarmuka (user interface) perangkat, ketahanan baterai, serta performa secara keseluruhan.

Simak sampai habis untuk mengetahui apakah HP ini layak dibeli dengan harga Rp 15 juta, kelebihan, serta kekurangan yang bisa ditingkatkan ke depannya.

Salah satu poin plus dari HP lipat secara umum adalah kemampuan untuk menghadirkan layar jumbo, tetapi ukurannya tetap ringkas ketika dimasukkan ke kantong celana atau baju.

Selain itu, foldable phone juga memudahkan pengguna saat melakukan panggilan video (video call). Tak perlu terus-terusan memegang HP dengan tangan atau memakai alat bantu tripod. Cukup lekukan HP ke posisi 90 derajat, lantas ponsel bisa berdiri tegak ketika video call.

Hanya saja, ada beberapa hal yang masih bikin was-was ketika membeli HP lipat. Apakah layarnya kokoh dan tahan banting? Bagaimana dengan risiko engsel (hinge) jeblok atau layar patah karena keseringan dibuka-tutup?

Berdasarkan pengalaman kami, mekanisme buka-tutup Oppo Find N2 Flip terasa mulus (seamless) dan tidak kaku seperti ponsel lipat lain di pasaran saat ini. Oppo mengklaim engsel Find N2 Flip kuat dibuka-tutup sampai 400.000 kali.

Namun, kami belum bisa menjamin klaim tersebut karena butuh waktu pemakaian yang lebih lama untuk membuktikannya. Yang pasti, mekanisme buka-tutup yang mulus setidaknya mereduksi kecemasan soal potensi layar patah atau engsel jeblok.

Konstruksi engselnya juga tampak lebih rapi dibandingkan HP lipat lain. Dalam keadaan tertutup, tak ada celah engsel yang membentuk ‘U’. Kedua sisi layar benar-benar rapat.

Saat layar dibuka, bekas lipatan (crease) juga tak menonjol. Bahkan, dalam keadaan layar menyala, kami seperti menjajal HP standar non-lipat. Crease baru terlihat dalam keadaan layar mati.

Layar utama Oppo Find N2 Flip berukuran 6,8 inci dengan jenis Foldable LTPO AMOLED. Resolusinya Full HD+ dengan refresh rate 120Hz. Tingkat kecerahannya mencapai 1.600nits, sehingga cukup andal untuk penjajalan di luar ruangan (outdoor).

Material HP tampak mengilap dan elegan dengan balutan warna ungu muda (lilac). HP ini menggunakan form factor ala kulit kerang (clamshell), sehingga tak mudah kotor karena bekas sidik jari.