redaksiharian.com – Warga di Illinoism, Amerika Serikat belum lama ini digegerkan dengan penemuan buaya sepanjang 1,1 meter yang berkeliaran di pekarangan rumahnya. Sejak hewas buas tersebut muncul, warga yang petama kali menemukan langsung melaporkan kepada petugas setempat.

Virginia Tyus (87) saat itu tengah menyiram bunga-bunganya di halaman depan rumahnya yang terletak di Decatur, Illinois kemudian menemukan buaya dan segera menghubungi menantunya, Craig Stevens Sr.

Awalnya, Tyus menggambarkan makhluk itu sebagai ‘ular terbesar’ yang pernah dilihatnya. Tetapi setelah diamati lebih dekat, dia menyadari bahwa hewan itu adalah seekor buaya .

Stevens yang saat itu sedang menonton pertandingan bisbol cucunya, terkejut dan mengatakan bahwa laporan ibu mertuanya sangat sulit dipercaya dan berbagi berita dengan anggota keluarganya.

Menurut Stevens, respons keluarganya pada saat itu tidak terlalu menghiraukan laporannya. Kemudian dirinya segera pulang ke rumah dan memanggil petugas pengendali hewan.

“Saya berjalan melewati bunga-bunga mawar lalu saya melihatnya, dan hanya itu yang ingin saya lihat,” kata Stevens.

Sejak mendengar kabar ada buaya yang kabur, laporan yang dilayangkan Stevens sulit dipercaya pengendali hewan.

“Reaksi awal kami adalah tidak percaya dan mengira itu adalah boneka buaya yang terlihat mirip dengan aslinya,” kata Administrator Pengendali Hewan, Ron Atkins.

Akan tetapi, begitu mereka melihat hewan reptil itu secara langsung, mereka harus mempertimbangkan kembali keraguan awal mereka.

Pengendali hewan mengatakan bahwa dalam sebuah unggahan di Facebook, buaya biasanya tidak berada di bawah pengawasan sipir, namun mereka membuat pengecualian dalam kasus ini dan menangkap reptil tersebut hingga Departemen Sumber Daya Alam Illinois dapat mengambil alih hewan tersebut.

Pejabat Departemen SDA Illinois mengatakan bahwa mereka sedang melakukan investigasi mengenai asal-usul buaya tersebut untuk menentukan keadaan yang tepat mengenai keberadaanya di kebun Tyus.

“Saya menduga ada orang yang memeliharanya, dan buaya ini tumbuh besar melebihi perkiraan mereka lalu mereka melepaskannya atau buaya ini melarikan diri. Kemungkinan buaya itu terlepas dari perawatan mereka,” kata Atkins sebagaimana dikutip Pikiran-Rakyat.com dari laman UPI.

Pihak berwenang mengatakan bahwa buaya tersebut pada akhirnya akan dipindahkan ke fasilitas perawatan, dimana ia akan dapat menjalani kehidupan alaminya.

Meskipun kejadian ini mungkin tampak aneh, hal ini berfungsi sebagai pengingat akan pentingnya kepemilikan yang bertanggung jawab dan potensi konsekuensi dari melepaskan hewan peliharaan eksotis ke lingkungan yang tidak dikenal.(Dwi Wahyu Cahyono)***