redaksiharian.com – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji(PPIH) 1444 Hijriah menyiapkan 25 juta boks nasi uduk untuk jemaah calon haji asal Indonesia yang berjumlah kurang lebih 229 ribu orang.

“Bayangkan nanti, momen haji ini akan ada 25 juta boks nasi uduk dan teman-temannya,” kata seorang petugas katering PPIH di Madinah seusai survei 1 dari 21 dapur katering jamaah di kawasan Hijr, Madinah, Rabu(24/5/2023).

Nasi uduk akan menjadi salah satu dari tiga menu sarapan jemaah haji reguler dan petugas haji selama musim haji di Madinah dan Mekkah.

Data rilisan Media Center Haji, untuk sarapan pagi, ada tiga jenis menu utama.

Menu pertama, Nasi uduk dan orek tempe cabai.

Menu kedua adalah nasi goreng dan teri kacang balado.

Kemudian nasi Kuning dan Telur Dadar Daun Bawang Cabe Merah jadi menu ketiga.

Tiga menu utama sarapan itu akan disajikan 21 dapur katering di Madinah, dan 54 dapur di daerah kerja Mekkah.

Layanan Haji Luar Negeri Ditjen PHU Kementerian Agama, Subhan Cholid menyebut setidaknya ada 76 usaha katering dan jasa boga di Arab Saudi akan menyiapkan 22 juta paket konsumsi makan harian jemaah haji Indonesia selama musim haji di Mekkah dan Madinah.

Rincian perusahaan jasa boga itu ada 54 perusahaan di daerah kerja (daker) Mekah dan 21 perusahaan di Daker Madinah.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, sejak Maret dan April 2023 lalu, telah mengontrak 75 perusahaan/dapur katering untuk melayani jemaah haji Indonesia saat di Makkah.

Di Mekah, Selasa (23/5) telah memastikan kesiapan dapur, dilakukan uji kompetensi juru masak dan demo masak menu Nusantara.

“Kita kumpulkan dapur katering untuk kembali menyamakan persepsi menu masak harian bercita rasa nusantara yang sudah ditentukan oleh Tim Penyedia Konsumsi,” terang Kepala Daker Makkah Khalilurrahman saat memberikan arahan pada giat praktik memasak menu nusantara di Mekkah.

Di Madinah, kepala Daker Madinah Zainul Muttaqin dan Kasi Konsumsi Supriyanto juga mengumpulkan 21 pengusaha jasa katering di Madinah.Kegiatan ini diikuti seluruh penanggung jawab dan juru masak 74 dapur penyedia katering, dan digelar dua hari, 23 – 24 Mei 2023.

Hari pertama, di Mekkah, ada demo masak dilakukan 27 dapur katering.

Sementara 27 dapur lainnya mengikuti demo masak pada hari kedua.

Dapur-dapur katering ini mulai memberikan layanan sejak awal kedatangan jemaah haji Indonesia di Mekkah 2 Juni 2023.Menurut Khalilurrahman, selama di Mekkah, jemaah akan mendapatkan tiga kali makan sehari, terdiri atas sarapan, makan siang, dan makan malam. dengan tiga menu.

Kemudian untuk makan siang, ada empat varian menu utama yang di praktekan , yaitu: 1) Ikan Patin Goreng Bumbu Rajang dan Tumis Timun Wortel; 2) Ayam Goreng Saus Mentega dan Tumis Wortel Kacang Polong; 3) Ikan Tuna Cabe Hijau dan Terong Balado; dan 4) Ikan Patin Bumbu Balado dan Tumis Jamur Cabe Hijau.

Sementara untuk makan malam, ada tiga jenis menu utama yang disiapkan yaitu: 1) Ikan Fillet Dori Goreng dan Terong Balado, 2) Daging Sapi Lada Hitam dan Kentang Mustofa; dan 3) Ayam Gulai dan Oseng Tempe Cabe Merah.

Cuaca Panas di Arab, Jemaah Diharapkan Bawa Spray Wajah

Ketua Kelompok Terbang atau kloter I embarkasi Jakarta-Pondok Gede M Jalaluddin mengatakan para jemaah calon haji sudah dibekali spray wajah untuk menghadapi cuaca panas di Arab Saudi.

Menurutnya, langkah preventif itu diperlukan mengingat perbedaan cuaca antara Indonesia dengan tanah suci.”Diharapkan semua jemaah membawa spray wajah atau botol semprot dalam melakukan aktivitas ibadah haji,” tutur Jalaluddin.

Jalaluddin menuturkan upaya ini menjadi ikhtiar agar jemaah calon haji Indonesia yang juga kebanyakan lansia dapat terlindungi dari risiko kepayahan.

“Memang sulit kita beradaptasi dengan kondisi cuaca yang sebelumnya belum pernah jumpai, spray wajah ini diharapkan bisa meminimalisir kesulitan,” katanya.

Dia juga menyarankan para jemaah agar menggunakan kaca mata dan masker mengingat kemungkinan besar terjadinya badai pasir. Jalaluddin menambahkan bahwa sesuai instruksi dari Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bahwa prioritas pelayanan diberikan kepada lansia.

“Ini juga sesuai dengan tema kita Haji Ramah Lansia sebagai komitmen Kemenag untuk pelaksanaan jemaah haji Indonesia 2023,” tuturnya.

Hal ini wajar karena haji tahun ini juga kerajaan Arab Saudi tidak lagi memberikan pembatasan usia dibandingkan pelaksanaan haji tahun lalu dengan maksimal usia 65 tahun.(Tribun Network/nas/zil/wly)

489 Petugas Haji Indonesia Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia, Dirjen PHU: Jaga Nama Baik Indonesia

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

489 Petugas Haji Indonesia Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia, Dirjen PHU: Jaga Nama Baik Indonesia

Tiba di Kantor Daker Madinah, 489 PPIH Mulai Petakan Daerah dan Siapkan Stamina Sambut Jemaah

Konjen RI Imbau Jemaah Indonesia Tak Bawa Jimat: Bisa Kena Pasal Sihir, Masa Cekal Mencapai 10 Tahun

Persiapan Sambut Jemaah Haji di Asrama Haji Palembang Capai 99 Persen, Ada Gedung Khusus Lansia

Rekor! 76 Dapur di Makkah dan Madinah akan Sajikan 25 Juta Box Nasi Uduk selama Musim Haji 2023

49 Calon Jemaah Haji Asal Lingga Siap Berangkat ke Kota Batam Kepri, 1 Orang Gagal Berangkat

Rusia dan China Makin Lengket, Bersatu Buat Perjanjian Menentang Barat, akankah Berakhir Perang?

BREAKING NEWS: Istri Gubernur Kaltim Norbaiti Isran Noor Meninggal Dunia di Jakarta, Ini Profilnya

Ini Peta Pemilih 3 Bacapres Litbang Kompas: Ganjar Kuasai Jateng, Prabowo Basis Jabar, Anies di DKI

Kantor Pemenang Tender Jalan Rusak di Lampung Tak Sesuai Lokasi, KPPU: Isyarat ada Persekongkolan

Razia HP di Asrama di Guyana Berujung Maut, Tak Terima Disita, Siswi Bakar Asrama, 19 Anak Tewas

Soal Pertemuan Airlangga-Cak Imin, Golkar: Capres dari Gerindra-PKB, dan Cawapres dari KIB