redaksiharian.com – Entitas usaha PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI), BRI Ventures, yang bergerak di bidang modal ventura, berencana membagikan dividen kepada para investor. Sumber dividen ini berasal dari pencapaian kinerja program pendanaan bagi startup, ‘Dana Ventura Sembrani Nusantara’ yang diluncurkan tahun 2021 lalu.

Kurang lebih, yield pembagian dividen dari Dana Ventura Sembrani Nusantara sebesar 12-14% dari portofolio investasi kepada investor.

“Kinerja Dana Ventura Sembrani Nusantara yang baik akan turut dinikmati oleh investor kami melalui adanya pembagian dividen dengan yield kurang lebih 12-14%,” ujar Fund Manager Dana Ventura Sembrani Nusantara, M. Khaidir kepada wartawan di Jakarta Selatan, Rabu (24/5/2023).

Pada kesempatan yang sama, Founder & Chief Executive Officer BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan bahwa keuntungan dividen ini diraih di saat adanya gejolak bagi startup dan kondisi makroekonomi.

“Apalagi pada tahun 2021 kemarin industri startup mengalami kenaikan valuasi yang fantastis. Namun terlihat pada tahun 2022 dimana fokus terhadap profitabilitas memang menjadi yang utama,” katanya.

Di tengah sulitnya mendapatkan pendanaan lanjutan, tercatat beberapa portofolio investasinya telah menghasilkan Laba Bersih yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham dengan yield yang “sangat kompetitif”.

Seperti diketahui, Dana Ventura Sembrani Nusantara telah melakukan penanaman modal atau investasi di beberapa perusahaan konsumer di Indonesia. Seperti perusahaan yang berbisnis minuman ‘Haus!’.

Chief Investment Officer BRI Ventures, Markus Rahardja yang turut hadir, mengungkapkan bahwa pihaknya bertekad untuk mendorong pertumbuhan ekosistem startup Indonesia di sektor consumer. Namun, ia mengatakan startup yang dapat memperoleh pendanaan harus memiliki prospek pasar yang unik.

“Kita melihat people dan foundernya, kira-kira seperti apa, timnya, produknya seberapa unik dan bagaimana marketnya,” ujar Markus.