redaksiharian.com – Polandia siap melatih pilot-pilot Ukraina untuk menerbangkan jet tempur F-16 . Menteri Pertahanan (Menhan) Polandia menyampaikan hal tersebut pada Selasa (23/5) waktu setempat, setelah pemerintah Amerika Serikat memberikan lampu hijau.

“Kami siap. Pihak Polandia siap untuk melatih pilot-pilot dengan pesawat F-16. Pelatihan semacam itu belum dimulai,” kata Menhan Polandia Mariusz Blaszczak, setelah pembicaraan dengan mitra-mitra sejawatnya dari Uni Eropa (UE) di Brussels, Belgia.

Dilansir kantor berita AFP, Rabu (24/5/2023), Blaszczak mengatakan dia ingin pelatihan itu menjadi bagian dari program UE yang lebih luas untuk mempersiapkan personel militer Ukraina untuk berperang melawan Rusia .

Hal ini disampaikan setelah Kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell mengatakan bahwa pelatihan pilot untuk jet F-16 sudah dimulai di “beberapa negara”, termasuk Polandia.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden memberikan lampu hijau bagi pilot-pilot Ukraina untuk dilatih menerbangkan pesawat tempur buatan AS tersebut, yang menurut Ukraina perlu untuk melawan invasi Rusia.

Polandia, tetangga Ukraina dan salah satu pendukungnya yang paling setia, telah mengatakan selama berbulan-bulan bahwa mereka siap untuk melatih pilot Ukraina menerbangkan F-16.

Negara tersebut telah menjadi pusat utama untuk melatih tentara Ukraina dan memasok persenjataan ke Ukraina.

Tonton juga Video: Jokowi Bertemu Zelenskyy: Turut Berduka Atas Korban yang Berjatuhan

Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren juga mengatakan koalisi pendukung Ukraina dari Eropa ingin mulai melatih pilot Ukraina dengan jet tempur F-16 “sesegera mungkin”.

“Kami sedang mengerjakan timeline yang konkret untuk memulai pelatihan dan kami merasa penting untuk melakukannya sesegera mungkin,” kata Ollongren.

“Ini adalah upaya bersama dengan Denmark, Belgia, Inggris, dan sekutu lainnya, jadi ini upaya terkoordinasi. Tapi kami akan mempercepat sekarang karena kami tahu bahwa kami mendapat lampu hijau dari Washington,” tandasnya.