redaksiharian.comBek tim nasional (timnas) Thailand U-22, Jonathan Khemdee, menjadi sorotan usai membuang medali perak dan boneka suvenir ke arah tribun usai final SEA Games 2023.

Diketahui, Khemdee ‘membuang’ medali dan suvenirnya setelah Thailand U-22 kalah 2-5 dari Indonesia U-22. Berkat kekalahan tersebut, Tim Gajah Perang gagal menyabet medali emas SEA Games 2023.

Aksi Khemdee pun langsung memanen kritikan keras dari para penggemar timnas Thailand dan Kamboja. Menurut laporan The Khmer Times, Menteri Penerangan Kamboja, Chum Kosal, mengatakan bahwa Khemdee tidak menghargai Kamboja sebagai tuan rumah dan meminta federasi sepak bola Thailand untuk ‘mendidik’ Khemdee.

“Khemdee tidak bisa mengontrol emosinya sebagai seorang pemain profesional dan tidak menghormati negara tuan rumah (Kamboja),” sebut Kosal, dikutip Selasa (23/5/2023).

Menanggapi hal tersebut, Khemdee menjelaskan bahwa ia tidak bermaksud untuk membuang medali tersebut. Khemdee mengatakan, ia berniat untuk memberikan medali dan boneka suvenir kepada para pendukung timnas Thailand yang datang.

Lantas, siapakah sosok Khemdee?

Melansir dari Transfermarkt, Khemdee adalah salah satu pemain klub papan tengah Liga Thailand (Thai League), Ratchaburi FC, yang baru bergabung pada 17 Januari 2023 lalu. Dilaporkan, pemain kelahiran 9 Mei 2002 itu menandatangani kontrak bersama Ratchaburi FC hingga 31 Mei 2026.

Sebelum bergabung Ratchaburi FC, Khemdee ternyata pernah merumput bersama sejumlah klub Denmark, seperti Odense BK dan Naestved BK pada 2019 hingga akhir 2022 lalu. Menurut laporan yang sama, Khemdee pulang merumput ke Thailand dari Odense BK dengan status bebas transfer.

Sementara itu, Transfermarkt mencatat bahwa Khemdee ternyata baru saja bergabung dengan timnas Thailand U-22 pada 8 Mei 2023 lalu. Sebelumnya, Khemdee masih bergabung dengan timnas Thailand U-23 sejak 25 Oktober 2021 lalu.