redaksiharian.com – Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah melantik Sekertaris Kementerian BUMN baru yaitu Rabin Hattari. Menurutnya, Rabin menjadi Sekertaris BUMN termuda sepanjang sejarah.

“Alhamdulillah, hari ini saya resmi melantik Sekretaris @KemenBUMN yang baru dan termuda sepanjang sejarah, Bapak Rabin Hattari,” ujarnya dalam cuitannya di Twitter, Rabu (24/5).

Erick berharap dalam mengemban tugas negara, Rabin dapat bertanggung jawab agar BUMN dapat semakin maju ke depannya.

“Saya titipkan tanggung jawab ini, agar 10 tahun ke depan BUMN semakin bersaing di kancah global,” sebutnya.

Rabin Indrajad Hattari sebelumnya duduk sebagai Staf Ahli Bidang Industri sejak 12 Januari 2021 berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 11/TPA Tahun 2021 tanggal 12 Januari 2021.

Sebelum menduduki posisi saat ini, pria yang banyak berkiprah di penulisan buku dan publikasi ilmiah tersebut berkarir di Asian Development Bank (ADB) Manila sejak 2010 dengan posisi terakhir sebagai Senior Economist, Regional Cooperation and Integration Division, Sustainable Development and Climate Change Department (SDCC) (2019-2020).

Dia juga tercatat memiliki pengalaman sebagai Analis di The World Bank Washington DC (2007-2010) dan International Monetary Fund Washington DC (2002-2007).

Hingga saat ini, dia menjabat sebagai Komisaris Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Menamatkan gelar Bachelor of Arts bidang Ekonomi dan Matematika dari The University of Georgia pada tahun 1996, Ia melanjutkan pendidikannya di Magister Manajemen di Universitas Indonesia pada tahun 2000 dan meraih gelar PhD in Economics di George Mason University pada tahun 2008.