redaksiharian.comPerry Warjiyo resmi menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI) periode 2023-2028. Dia kembali dipercaya memimpin bank sentral Tanah Air hingga lima tahun ke depan, setelah menjabat periode sebelumnya 2018-2023.

Perry mengklaim sudah banyak capaian yang berhasil diperoleh BI di bawah kepemimpinannya pada periode pertama, salah satunya menyelamatkan Indonesia dari krisis pandemi COVID-19. Oleh karena itu sinergi dengan pemerintah dan otoritas terkait akan semakin diperkuat pada lima tahun ke depan untuk menstabilkan ekonomi Indonesia.

“Tentu saja untuk lima tahun ke depan itu akan terus dilanjutkan dan diperkuat. Ada tujuh area yang memang akan kita lebih fokuskan. Pertama memperkuat bauran kebijakan dan sinergitas kebijakan BI dengan pemerintah untuk menstabilkan ekonomi dan memajukan pertumbuhan ekonomi kita,” kata Perry di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2023).

Kedua, mengimplementasikan Undang-Undang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK) untuk penguatan kelembagaan BI, termasuk koordinasi dengan Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) dan bilateral koordinasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

“Ketiga, terus mempercepat digitalisasi sistem pembayaran untuk mendukung ekonomi keuangan digital dan kerjasama regional dan global di bidang digital pembayaran, sistem pembayaran, termasuk rupiah digital,” ujar Perry melanjutkan.

Fokus kerja Perry sebagai gubernur bank sentral selanjutnya yakni BI akan terus mendukung hilirisasi dan inklusi ekonomi keuangan hijau. Lalu kontribusi bersama pemerintah untuk kerjasama internasional.

Kemudian fokus kerjanya yang lain yakni penguatan kelembagaan dan kepemimpinan BI. Serta terakhir akan memperkuat strategi bisnis yang sudah disusun selama lima tahun ke depan.

“Area fokus tersebut akan diterapkan BI melalui 12 program strategis yang selama ini sudah ada. “Semuanya untuk dedikasi kami bagi negeri, menstabilkan ekonomi, mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, memperkuat kelembagaan, kepemimpinan dan tentu saja kami semua di BI,” tutupnya.

Lihat Video: Alasan Jokowi Sodorkan Nama Perry Warjiyo Jadi Gubernur BI Lagi