redaksiharian.com – Raja Thailand Maha Vajiralongkorn tampil bersama istri sahnya, Ratu Suthida , saat menghadiri penobatan Raja Inggris Charles III pada akhir pekan. Ini menjadi penampilan langka Raja Thailand bersama istri resminya.

Seperti dilansir The Nation Thailand, Selasa (9/5/2023), Raja Vajiralongkoran hadir atas undangan langsung Raja Charles III . Dia mengajak Ratu Suthida saat menghadiri penobatan yang digelar di Westminster Abbey, London, pada Sabtu (6/5) waktu setempat.

Dalam sejumlah foto yang dipublikasikan media-media internasional, Raja Vajiralongkorn tampak berjalan berdampingan dengan Ratu Suthida saat memasuki Westminster Abbey. Keduanya tampak mengenakan pakaian kebesaran Kerajaan Thailand.

Beberapa foto lainnya menunjukkan momen mesra saat Ratu Suthida mengaitkan tangannya ke lengan Raja Vajiralongkorn sembari keduanya berjalan bersama menuju lokasi penobatan Raja Charles III. Momen mesra semacam itu tergolong langka ditunjukkan oleh kedua bangsawan Thailand itu.

Raja Vajiralongkorn hadir bersama jajaran bangsawan lainnya dari berbagai negara, termasuk Pangeran Albert dan Putri Charlene dari Monako, Raja Felipe dan Ratu Letizia dari Spanyol, Putra Mahkota Jepang Pangeran Akishino dan Putri Mahkota Kiko, serta Raja Carl XVI Gustaf dan Putri Mahkota Victoria dari Swedia.

Ada sekitar 2.200 tamu yang diundang menghadiri seremoni penobatan itu.

Selain menghadiri penobatan, Raja Vajiralongkorn juga menghadiri jamuan makan yang digelar Raja Charles III untuk para kepala negara dan perwakilan luar negeri yang diundang di Istana Buckingham pada Jumat (5/5) pekan lalu.

Lihat juga Video ‘Detail di Foto-foto Terbaru Raja Charles III dan Ratu Camilla Usai Penobatan’:

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand menyatakan Raja Vajiralongkorn dan Ratu Suthida terbang kembali ke Thailand pada Minggu (7/5) waktu setempat.

Selain Ratu Suthida sebagai Istri Resmi, Raja Thailand Juga Punya Selir

Selain memiliki Ratu Suthida sebagai istri resmi, Raja Vajiralongkorn juga memiliki selir yang bernama Sineenat Wongvajirapakdi . Sang raja lebih sering tampil bersama Sineenat di depan publik dalam beberapa kesempatan, salah satunya ketika mengunjungi penjara setempat.

Tahun 2019 lalu, seperti dilansir New York Post dan The Scottish Sun, Sineenat yang merupakan mantan pengawal Raja Thailand dan berpangkat Mayor Jenderal ini dianugerahi gelar “Chao Khun Phra” yang artinya Selir Kerajaan.

Momen itu menjadi yang pertama kali selama nyaris 90 tahun di Thailand saat seorang selir Raja diakui secara resmi. Sineenat yang dikenal dengan nama panggilannya Koi dinobatkan sebagai Selir Kerajaan di hadapan Raja Vajiralongkorn dan Ratu Suthida.

Namun tiga bulan kemudian, tepatnya pada Oktober 2019, Sineenat dicabut dari seluruh gelar kerajaan dan militer yang disandangnya. Saat itu, pihak Istana Kerajaan Thailand mengumumkan bahwa gelar ‘Chao Khun Phra’ atau Selir Kerjaan dicabut dari Sineenat karena dia “tidak setia pada Raja” serta “bertindak menentang penunjukan Ratu (Suthida) … demi ambisinya sendiri”.

Setelah itu dia dilaporkan dijebloskan ke dalam penjara, tepatnya di penjara Bang Kwang yang memiliki keamanan maksimum dan diawasi dengan CCTV.

Namun menurut laporan media terkemuka Jerman, Bild, pada Agustus 2020, Sineenat telah diampuni dan dibebaskan dari penjara oleh Raja Vajiralongkorn. Setelah bebas, Sineenat kemudian diterbangkan dengan pesawat Boeing 737 milik sang Raja menuju ke Jerman.