redaksiharian.com – Mahkota St Edward sempat menjadi pusat perhatian pada saat momen sakral Penobatan Raja Charles III. Raja Charles III resmi dinobatkan sebagai Raja Inggris pada Sabtu kemarin dalam acara seremonial terbesar di Inggris selama tujuh dekade.

Dilansir BBC, Sabtu (6/5/2023), Raja Charles menggantikan ibunya, Ratu Elizabeth II yang meninggal dunia pada September tahun lalu. Di usia 74 tahun, Charles menjadi raja Inggris tertua yang mengenakan Mahkota St Edward berusia 360 tahun di kepalanya dalam upacara penobatan yang berlangsung di Westminster Abbey, London. Dia menjadi penguasa Kerajaan Inggris ke-40 yang dimahkotai di Westminster Abbey sejak tahun 1066.

Charles resmi dimahkotai oleh Uskup Agung Canterbury Justin Welby yang menempatkan Mahkota St Edward di kepalanya. Suara terompet terdengar untuk menandai momen itu. Momen penobatan sebenarnya adalah ketika Raja Charles mengenakan Mahkota St Edward untuk pertama kali dalam hidupnya.

Lantas apa yang dimaksud dengan Mahkota St Edward dan seperti apa sejarahnya? Simak serba-serbinya berikut ini:

Melansir situs resmi Royal UK, Mahkota Santo Edward atau Mahkota St Edward adalah mahkota yang dikenakan pada saat penobatan Raja/Ratu Inggris. Sesuai tradisi, Raja/Ratu akan dimahkotai dengan Mahkota St Edward selama Layanan Penobatan di Westminster Abbey.

Mahkota St Edward dibuat untuk Charles II pada tahun 1661, sebagai pengganti mahkota abad pertengahan yang telah dilebur pada tahun 1649. Mahkota yang asli diperkirakan berasal dari santo kerajaan abad kesebelas, Edward the Confessor – raja Anglo-Saxon terakhir di Inggris.

Mahkota itu ditugaskan dari Royal Goldsmith, Robert Vyner, pada tahun 1661. Meskipun bukan replika yang tepat dari desain abad pertengahan, mahkota ini mengikuti aslinya yang memiliki empat salib-pattée dan empat fleurs-de-lis, dan dua lengkungan.

Mahkota Santo Edward sendiri terdiri dari bingkai emas padat yang diatur dengan batu rubi, batu kecubung, safir, garnet, topazes dan turmalin. Mahkota ini memiliki topi beludru dengan pita cerpelai.

Secara historis, Mahkota St Edward dikenakan oleh Yang Mulia Ratu Elizabeth II pada saat Penobatannya pada 2 Juni 1953 silam. Kini Mahkota St dikenakan Raja Charles III pada saat Penobatannya, Sabtu (6/5/2023) lalu.

Melansir The Telegraph UK, Mahkota St Edward yang ada telah dikenakan selama penobatan sejumlah Raja dan Ratu Inggris sejak 1661. Mahkota ini pertama kali dikenakan untuk penobatan Charles II pada tahun 1661, diikuti oleh James II pada tahun 1685, dan William III pada tahun 1689.

Mahkota tersebut kemudian digunakan untuk George V pada tahun 1911, George VI pada tahun 1937, dan Elizabeth II pada tahun 1953. Meski begitu, ada sejumlah Raja/Ratu Inggris yang memilih untuk tidak mengenakan mahkota itu.

Seperti Ratu Mary II dan Ratu Anne keduanya dimahkotai dengan mahkota berlian kecil mereka sendiri. George I, George II, George III dan William IV semuanya dimahkotai dengan Mahkota Negara George I. Kemudian George IV dimahkotai dengan mahkota berlian besar baru yang dibuat khusus untuk acara tersebut.

Sementara itu, Ratu Victoria dan Edward VII juga memilih untuk tidak mengenakan Mahkota St Edward karena beratnya. Dan sebagai gantinya mereka memilih untuk mengenakan Mahkota Negara Kekaisaran yang lebih ringan.

Adapun Edward VII bermaksud untuk mengenakan Mahkota St Edward pada tahun 1902. Tetapi karena kondisinya saat itu yang masih belum pulih dari operasi usus buntu pada hari penobatan, jadi memilih untuk mengenakan topi baja yang lebih ringan.