redaksiharian.com Ridwan Kamil secara pribadi menyampaikan harapan agar Ganjar Pranowo memiliki jalan yang lancar hingga terwujud cita-citanya.

Adapun ucapan selamat kepada Ganjar Pranowo disampaikan Ridwan Kamil saat selesainya salat Idul Fitri di Masjid Al Jabbar pada Sabtu, 22 April 2023.

“Selamat untuk Pak Ganjar menjadi (bakal) capres dari PDI Perjuangan. Didoakan lancar dan terkabul apa yang dicita-citakan,” ujar Ridwan Kamil dalam pernyataan di Kota Bandung, Jawa Barat, dilaporkan Antara.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil menuturkan soal siapa pun pemimpin Indonesia berikutnya adalah takdir yang harus dijalankan.

Meski begitu, takdir tentang pemimpin Indonesia berikutnya juga perlu dijemput dengan cara baik.

Berkaitan dengan itu, Ridwan Kamil memberi imbauan agar masyarakat Jawa Barat tidak berselisih dengan siapa pun pemimpin Indonesia berikutnya.

“Siapa pun yang jadi (pemimpin), sudah ada garis tangannya ya. Nggak usah kita sampai seperti tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya menerangkan penjelasan.

“Kita doakan yang terpilih adalah yang terbaik untuk bangsa ini,” ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah menyatakan Ganjar Pranowo terpilih sebagai capres untuk Pemilu 2023.

Hal ini terjadi dalam Rapat DPP PDIP ke-140 di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat.

“Pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan Saudara Ganjar Pranowo , sekarang Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai (bakal) calon presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” ujar Megawati Soekarnoputri dalam pernyataan di Bogor.

Megawati melanjutkan, pemilihan 21 April adalah bermakna untuk mengingat perjuangan Kartini yang menghilangkan diskriminasi dan dijamin oleh konstitusi negara.

“Saya sengaja memilih tanggal 21 April ini untuk menyampaikan sebuah pengumuman penting, yang tentu saya ketahui telah sejak lama dinanti-nanti oleh seluruh rakyat Indonesia,” ujarnya.

“Tanggal 21 April 2023 dan sekaligus sebagai tonggak perjuangan kaum perempuan Indonesia yang non-diskriminatif setara dan dijamin oleh konstitusi negara,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, pendaftaran bakal capres dan cawapres dijadwalkan pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.***