2 menit

Biaya pembangunan tol bawah laut IKN Nusantara ditaksir menelan anggaran fantastis hingga triliunan rupiah. Berapa nilai per kilometernya? Simak selengkapnya di sini!

Proyek tol bawah laut memang sudah dicanangkan pemerintah Indonesia, Property People.

Rencananya, tol bawah laut itu akan menghubungkan Kota Balikpapan hingga pusat kota Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser.

Dengan adanya terowongan bawah laut (immersed tunnel), maka proyek ini menjadi jalan tol bawah laut Indonesia yang pertama.

Hanya saja, butuh biaya yang tak sedikit untuk mewujudkan salah satu bagian dari proyek IKN tersebut.

Menurut Staf Ahli Menteri PUPR dan Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja, butuh biaya yang besar untuk membangun tol bawah laut tersebut.

Lantas, berapa biaya yang harus dikeluarkan?

Biaya Tol Bawah Laut IKN Capai Triliunan Rupiah

tol bawah laut ikn

Sumber: trenasia.com

Endra S. Atmawidjaja mengatakan bahwa pembangunan tol bawah laut ini diperkirakan menelan triliunan rupiah mengingat biaya per kilometer bisa mencapai Rp4 triliun.

“Untuk immerse tunnel itu, kan, mahal. Itu satu kilometer sekitar Rp3 triliun-Rp4 triliun kalau dibandingkan dengan Korea Selatan. Panjangnya kira-kira 1,5 kilometer yang tenggelam itu,” katanya melansir cnbcindonesia.com.

Hal ini jauh berbeda jika dibandingkan biaya pembangunan tol darat yang mencapai Rp100 miliar hingga Rp150 miliar per kilometer.

Sementara tol layang bisa mencapai Rp300 miliar hingga Rp400 miliar.

Meski demikian, Endra belum bisa mengungkapkan berapa nilai investasi yang dibutuhkan untuk pembangunan tol laut ini secara keseluruhan.

Tahap Studi Kelayakan

tol bawah laut

Sumber: witteveenbos.com

Saat ini, rencana proyek tol bawah laut IKN tersebut masih dalam tahap studi kelayakan.

Pihaknya masih harus menunggu hasil feasibility study untuk kemudian akan ditenderkan atau ditawarkan ke pasar.

“Kalau FS bagus, kita baru mulai dapat gambaran terkait pengembalian investasi. Kalau FS bagus kita market sounding. Sekarang nggak bisa berandai-andai. Kalau ini misalkan IRR sudah 12 persen itu cukup menarik untuk investor artinya dia di atas bunga,” katanya.

Trase pembangunan tol ini akan dibangun dari KM 13 tol Balikpapan-Samarinda menuju kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) di mana nantinya juga akan melewati jembatan pulau Balang.

Pembangunan jaringan jalan tol yang memiliki terowongan bawah laut diperkirakan mencapai 47 kilometer menghubungkan daerah Sepinggan ke IKN.

***

Semoga bermanfaat, Property People.

Simak artikel lainnya di Berita 99.co Indonesia.

Cek rumah impian dari sekarang hanya di www.99.co/id dan rumah123.com.

Dapatkan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan properti, karena kami selalu #AdaBuatKamu.

Temukan ragam promo terbatas, salah satunya Cendana Homes.

Yuk, kunjungi sekarang juga!

Artikel ini bersumber dari www.99.co.