redaksiharian.comJakarta, CNBC Indonesia – Direktur Bisnis Konsumer PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI), Handayani menuturkan proteksi kekayaan (Wealth Protection) menjadi hal penting yang dibutuhkan masyarakat sebagai sebuah bentuk antisipasi untuk melindungi aset, dari risiko di masa depan.

“Semakin dini dalam merencanakan keuangan maka biaya akan makin murah, makin usia lanjut premi makin mahal. Oleh karena itu, paling penting dalam merencanakan keuangan juga harus tepat dalam memilih instrumen agar tujuan bisa dicapai dengan baik,” jelas Handayani kepada CNBC Indonesia, Jumat (14/4/2023).

Apalagi lanjutnya dalam kondisi yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Ia melihat makin banyak orang yang sulit membedakan kebutuhan dan keinginan. Ditambah lagi, jika membahas proteksi, misalnya pada pekerja, banyak pekerja yang merasa asuransi dan proteksi menjadi tanggung jawab perusahaan.

“Oleh karena itu kita lakukan edukasi dan literasi, sehingga keputusan dan strategi yang diambil bisa baik, terencana dan terukur untuk bisa memenuhi baik kebutuhan, maupun keinginan,” tegas Handayani.

Untuk itu tambahnya, dalam mengelola keuangan, masyarakat perlu memperhatikan pemasukan dan pengeluaran secara bijak. Apa lagi kebutuhan setiap orang berbeda-beda, termasuk juga dalam tahapan hidup. Handayani menyebut kebutuhan orang yang masih lajang berbeda dengan yang sudah menikah, begitupun yang sudah menikah berbeda dengan yang sudah memiliki anak.

“Banyak hal yang berpengaruh pada perencanaan, namun bisa dipastikan semakin dini merencanakan keuangan dan proteksi maka semakin baik mendapatkan manfaatnya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Handayani menyebut ada tiga tahapan simultan dalam merencanakan keuangan. Pertama, proteksi sumber daya yang menjadi penghasilan, artinya dalam melakukan proteksi harapannya adalah perlindungan.

Kedua bahwa setiap penghasilan yang dimiliki harus juga bisa menjadi sumber return yang optimal demi menumbuhkan kekayaan yang dimiliki.

Ketiga, bersiap dengan perencanaan yang baik, bisa penuhi kebutuhan dan keinginan maka bagaimana bisa mewariskan untuk generasi selanjutnya.

“Dengan memiliki rencana finansial yang terstruktur tentu bisa mendapatkan peace of mind dalam menjalani kehidupan ini,” pungkas dia.