redaksiharian.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyiapkan layanan mudik gratis untuk Lebaran 2023. Program ini diberikan oleh Kapolri untuk membantu masyarakat bisa pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Dalam keterangannya, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menyatakan Polri tengah menyiapkan fasilitas untuk mudik gratis tersebut.

“Sedangk kita diskusikan kesiapan jumlah kendaraan yang siap,” kata Listyo Sigit Prabowo dikutip Pikiran-Rakyat.com dari NTMC Polri pada Selasa, 28 Maret 2023.

Dalam pernyataan yang dikeluarkan sebelumnya, Kadivhumas Polri Irjen Pol Dedy Prasetyo juga menjelaskan tak hanya kesiapan mudik gratis saja yang diperhatikan. Polri juga akan mematangkan persiapan menghadapi arus mudik.

Menurut Dedy, Polri akan menggelar Operasi Ketupat 2023 sejak H-7 Idulfitri hingga H+7. Bahkan, tak menutup kemungkinan akan diperpanjang masa operasinya.

“Tantangannya jauh lebih berat dari tahun kemaren, tapi jalurnya sudah siap,” ujarnya.

Mudik gratis dari Kapolri ini menambahkan daftar mudik gratis untuk Lebaran 2023 ini. Pasalnya beberapa lembaga sudah mengumumkan program ini sejak awal Ramadhan 1444 H.

Berikut adalah daftarnya:

1. Kementerian Perhubungan (mudik via kapal laut)Jadwal pendaftaran- Pendaftaran (online): 20 Maret-5 April 2023.- Verifikasi pendaftaran: 20 Maret-7 April 2023 (Jika tidak melakukan verifikasi paling lambat 2 hari setelah pendaftaran online, maka nomor pendaftaran dibatalkan).- Pendaftaran dan verifikasi data secara langsung di Terminal Penumpang Nusantara Pelabuhan Tanjung Priok dan Kementerian Perhubungan Gedung Cipta: 6 April-16 April 2023.

Pelaksanaan program mudik- Arus mudik (Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta – Pelabuhan tanjung Emas, Semarang): 15 dan 17 April 2023.- Arus balik (Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang – Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta): 25 dan 28 April 2023.

Syarat dan cara daftar

– Peserta Mutis 2023 dengan kapal laut wajib mendaftarkan diri secara online melalui mudikgratis.dephub.go.id dan memilih moda transportasi laut.- Siapkan identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemudi (SIM C). Bagi yang membawa anak di bawah usia 17 tahun, maka wajib membawa Kartu Keluarga (KK).- Identitas atau bukti kepemilikan motor, yaitu Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku.- Peserta yang telah melakukan pendaftaran online, maka wajib melakukan verifikasi ke posko yang sudah disediakan, dengan membawa sejumlah persyaratan, yaitu; identitas diri yang asli (KTP, SIM C, dan KK), serta STNK. Paling lambat 2×24 jam setelah pendaftaran online.- Sepeda motor harus memenuhi sejumlah dalam kondisi; layak jalan, tidak boleh ada modifikasi atau aksesoris tambahan yang dapat mengganggu proses pengangkutan motor ke dalam kapal, tidak boleh ada boks tambahan di samping kanan, kiri, dan belakang.- Jumlah helm harus sesuai dengan jumlah penumpang.- BBM wajib dalam keadaan maksimal 1 liter.- Peserta Mutis 2023 wajib telah menerima vaksin Covid-19.

2. Kementerian Perhubungan (mudik via kereta api)

Pemberangkatan Arus Mudik : 11 April 2023-20 April 2023

Rute:Lintas Utara

Sta. CilegonSta. Jakarta GudangSta. Pasar Senen *(naik pnp)Sta. Cirebon PrujakanSta. PekalonganSta. Semarang Tawang

Cilegon-Jakarta Gudang- Semarang Tawang

Lintas Tengah

Sta. CilegonSta. Jakarta GudangSta. Pasar Senen *(naik pnp)Sta. Cirebon PrujakanSta. PurwokertoSta. KroyaSta. KutoarjoSta. LempuyanganSta. Purwosari

Jakarta Gudang – Purwosari

Lintas Selatan

Sta. KiaracondingSta. TasikmalayaSta. SidarejaSta. KroyaSta. GombongSta. Semarang TawangSta. KutoarjoSta. LempuyanganSta. Purwosari

Kiara Condong – Purwosari

Syarat mudik gratis Kemenhub 2023 via kereta api:

-Para peserta diwajibkan sudah vaksin boster.-Satu peserta harus memiliki KTP, Kartu Keluarga, SIM C-Wajib melakukan verifikasi ke Posko, sesuai dengan waktu verifikasi yang telah dipilih pada saat mendaftar-Motor dengan kapasitas mesin maksimal 200 cc-Bagi Peserta yang hanya mendaftarkan Sepeda Motor, diwajibkan memiliki /menunjukkan bukti Mudik moda transportasi lainnya-Sepeda Motor diserahkan H-1 atau satu hari sebelum tanggal keberangkatan Sepeda Motor-Tidak diperkenankan menitipkan Helm dan Kaca Spion.-BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan

2. BUMN (di bawah koordinasi PT Jasa Raharja)

Pendaftaran telah dibuka mulai 15 Maret 2023.

Pelaksanaan program mudik- Pemberangkatan mudik melalui kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta: 15-16 April 2023.- Pemberangkatan mudik dengan bus: 18 April 2023.

Syarat dan ketentuan- Harus memiliki akun JRku.- Harus memiliki sepeda motor yang dibuktikan dengan STNK.- Pajak kendaraan sepeda motor masih berlaku.- Harus memiliki SIM C aktif.- Pendaftar dan peserta yang didaftarkan harus dalam 1 keluarga.- Pendaftaran tidak bisa dilanjutkan jika salah satu persyaratan dari seluruh poin tersebut tidak terpenuhi.

Cara daftar- Pendaftaran bisa diakses di laman https://mudik.jasaraharja.co.id/.- Lakukan pencarian tiket transportasi dan destinasi yang diinginkan untuk mengetahui ketersediaan kursi.- Jika tiket tersedia, calon pemudik dapat melengkapi data diri. Pastikan data yang dilengkapi sudah benar.- Sistem akan memverifikasi secara otomatis dan jika lolos verifikasi, maka tiket elektronik akan terbit.- Simpan tiket elektronik kamu dengan baik dan tunjukkan kepada petugas saat keberangkatan.***