redaksiharian.comJakarta, CNBC Indonesia Status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 terancam lepas setelah drawing di Denpasar, Bali, pada 31 Maret mendatang dibatalkan. Beberapa negara dikabarkan tertarik untuk menggantikan Indonesia menyandang gelar sebagai tuan rumah.

Diketahui, kabar pemindahan tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 semakin memanas sejak drawing dibatalkan akibat munculnya penolakan terhadap tim nasional (timnas) Israel untuk bertandang ke tanah air dari sejumlah pihak. Konflik Israel dengan Palestina membuat eksistensi negara itu menuai pro dan kontra di mata publik Indonesia.

Sejumlah pihak yang terlibat dalam penolakan timnas Israel bahkan datang dari dua petinggi pemerintah daerah, yakni Gubernur Bali, I Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Berikut tiga negara yang disebut menggantikan Indonesia dalam menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Argentina dikabarkan siap menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Kabar tersebut diungkapkan oleh media Argentina, Double Amarilla.

Menurut laporan Double Amarilla, pihaknya mendapatkan konfirmasi dari salah satu sumber FIFA menyusul penangguhan undian atau drawing Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. FIFA disebutkan sedang mengevaluasi kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah.

Double Amarilla juga mengabarkan bahwa Asosiasi Sepak Bola Argentina (AFA) akan mengajukan permintaan resmi sebagai tuan rumah. Penawaran itu akan dikirim setelah FIFA mengeluarkan pernyataan resmi ihwal nasib Indonesia.

Qatar berkesempatan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 untuk menggantikan Indonesia. Secara infrastruktur Qatar dianggap salah satu yang paling siap.

Pengalaman Qatar dalam menggelar Piala Dunia 2022 pun dapat dijadikan pertimbangan. Kesuksesan pesta sepak bola empat tahunan itu dianggap layak untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Jika hal ini terjadi maka Indonesia kemungkinan besar tidak akan menjadi peserta Piala Dunia U-20 2023 sehingga diperkirakan bakal menjadi kerugian bagi Indonesia.

Peru dilaporkan menjadi pengganti Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal itu dikabarkan oleh Yesayas Oktavianus dalam sebuah unggahan di YouTube.

Ia menyebutkan bahwa pemerintah Indonesia sudah menerima surat pembatalan turnamen dari FIFA. Selain itu, FIFA juga telah menunjuk Peru untuk menggelar turnamen ini. Sebagai informasi, Peru merupakan negara yang dikalahkan Indonesia dalam bidding atau pencalonan tuan rumah Piala Dunia U-20 pada empat tahun lalu.

Kini, Peru memegang status sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang akan diselenggarakan pada 10 November hingga 2 Desember mendatang. Sebelum ajang itu bergulir, Peru dinilai tepat menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Artikel selengkapnya di >>> sini.