redaksiharian.com – Belum lama ini, pendiri Microsoft Bill Gates ikut berbincang dengan chatbot AI mirip ChatGPT. Saat itu, dia memberi pesan kehidupan pada bot tersebut.

Gates memberi saran terbaik yang pernah diterima dan bagaimana hal itu memengaruhi hidupnya sendiri. Pria 67 tahun itu mengutip dari teman lamanya dan miliarder Warren Buffet.

“Warren Buffet berbicara mengenai [bagaimana] pada akhirnya cara teman benar-benar memikirkan Anda dan seberapa kuat persahabatan itu [yang penting],” jelas Gates, dikutip dari CNBC Internasional, Senin (27/3/2023).

Gates dan Buffett telah berteman selama lebih dari tiga dekade.

Bahkan keduanya mendirikan The Giving Pledge untuk mendorong orang-orang kaya dunia menyumbangkan setengah kekayaannya untuk tujuan amal dan kadang menjadi mitra golf.

Bukan kali ini saja Gates membagikan pelajaran dari Buffet. Pria berusia 92 tahun itu juga memberikan pelajaran dari investasi dan manajemen waktu.

“Saya telah belajar banyak hal dari Warren selama 25 tahun terakhir, namun mungkin yang terpenting adalah soal persahabatan,” ungkap Gates.

Gates menjelaskan, Warren selalu menemukan waktu untuk persahabatan bahkan saat jadwalnya padat. Dia juga kerap berhubungan dengan orang lain lewat telepon atau sekedar mengirimkan artikel, kata Gates.

Buffett sering membicarakan soal pentingnya memilih teman yang baik. Yakni dengan dikelilingi oleh orang yang lebih baik dari diri sendiri jadi bisa belajar dari mereka.

Gates pun setuju dengan ucapan sang sahabat. “Beberapa teman memang mengeluarkan yang terbaik dari diri Anda jadi bagus untuk berinvestasi dalam persahabatan itu,” ujarnya.