redaksiharian.com – Warga Prancis meluapkan amarahnya kepada sang Presiden, Emmanuel Macron pada Kamis, 23 Maret 2023 waktu setempat. Pengunjuk rasa berkumpul di seluruh negeri, untuk menetang keputusan usia pensiun yang dinaikkan dari 62 menjadi 64 tahun.

Serikat pekerja mengklaim 3,5 juta orang melakukan aksi protes di seluruh negeri. Sementara pihak berwenang mengatakan bahwa angkanya jauh lebih rendah, hanya di bawah 1,1 juta.

Di Paris , para pemimpin serikat pekerja mengklaim bahwa rekor 800.000 orang ikut serta dalam pawai yang sebagian besar damai. Namun, Polisi mengatakan bahwa ada 119.000 orang yang menuntut agar pemerintah membatalkan perubahan yang diperebutkan dengan sengit.

Akan tetapi, hari aksi nasional dirusak oleh pecahnya kekerasan dan vandalisme. Di kota barat daya Bordeaux, pintu depan balai kota dibakar. Sementara di Paris , Polisi dan kelompok pengunjuk rasa bentrok hingga larut malam.

Di ibu kota, aksi demonstrasi resmi yang terdiri dari penampang besar masyarakat Prancis , muda, tua, profesional, pengangguran, berangkat dari Place de la Bastille pada sore hari menuju ke Place de l’Opéra di sepanjang Grands Boulevards, jalan utama timur-barat melalui bagian utara pusat kota Paris .

Anggota serikat Prancis , yang membawa bendera dan spanduk, diapit oleh penjaga mereka sendiri untuk memastikan keamanan. Kerumunan itu padat dan amarah untuk pemerintah dan presiden, tetapi suasananya juga meriah dan dimotivasi oleh pertunjukan solidaritas.

Suasana menjadi mencekam akibat ulah sekelompok anak muda yang disebut casseurs (smashers), berpakaian hitam dan mengenakan topeng, yang memposisikan diri di depan pawai. Mereka menghancurkan tempat penampungan bus, penimbunan iklan, jendela toko, bagian depan McDonald’s, dan kios surat kabar, meninggalkan jejak kaca dan tumpukan tempat sampah yang terbakar di belakangnya.

Mereka juga menarik besi di sekitar pohon dan memecahkan batu paving, yang kemudian dilemparkan ke polisi. Bentrokan terburuk terjadi di Place de l’Opéra dan Place de la Bastille, di mana polisi berusaha membubarkan mereka dengan gas air mata.

Sedangkan di tempat lain, seorang wanita dilaporkan terkena ledakkan granat gas air mata di bagian lengannya di kota Rouen. Di sana, antara 14.800 dan 23.000 pengunjuk rasa berkumpul, menurut angka dari polisi dan serikat pekerja.

Selain itu, ada juga aksi protes besar di Marseille, Lyon, Besançon, Rennes dan Arles, serta kota-kota Prancis lainnya. Bahkan, sebelum pemerintah sentris presiden mendorong perubahan pensiun melalui parlemen pada Kamis, 16 Maret 2023 menggunakan langkah konstitusional yang menghindari pemungutan suara, rekor jumlah pekerja telah turun ke jalan pada minggu-minggu sebelumnya.

Pemerintahan Emmanuel Macron pun nyaris selamat dari mosi tidak percaya, dengan sembilan suara, tetapi cara undang-undang itu disahkan mengobarkan suasana hati publik pada Senin, 20 Maret 2023.

Kemudian pada Kamis, 23 Maret 2023, Polisi menerima informasi tentang lebih dari 200 aksi protes di seluruh Prancis , dan bersiap untuk jumlah pemilih yang besar. Di sepanjang rute di Paris , bank dan bisnis ditumpangi pagi-pagi sekali dan polisi ditempatkan di sepanjang jalan.

Banyak pengunjuk rasa, terutama kaum muda, mengatakan mereka telah digembleng oleh penampilan Emmanuel Macron di televisi pada Rabu, 22 Maret 2023. Pada saat itu, dia mengatakan bahwa aksi protes yang dilakukan warga “sah”, tetapi tidak akan mengarah pada perubahan undang-undang, yang tidak hanya menaikkan usia pensiun resmi, tetapi mengharuskan pekerja untuk memberikan kontribusi pada sistem pensiun lebih lama.

Di antara yang paling marah, adalah pengunjuk rasa perempuan yang mengatakan undang-undang baru itu merupakan hukuman ganda bagi mereka yang telah meluangkan waktu dari kariernya untuk membesarkan anak-anak, dan yang lebih mungkin memiliki pekerjaan bergaji rendah dan kasar.

“Semua orang marah. Semua orang berpikir undang-undang ini tidak adil, tetapi secara khusus menghukum perempuan yang diharapkan dapat menghasilkan generasi masa depan bangsa, dan kemudian menemukan bahwa mereka dihukum karena melakukannya,” tutur seorang pekerja sosial, Marie (46).

“Mereka ingin meningkatkan ( usia pensiun ) menjadi 64. Apakah besok 66, 67, 68? Mereka memberitahu kami bahwa harapan hidup lebih lama, tetapi apakah kami harus bekerja sampai kami pingsan dan dibawa ke krematorium?,” kata seorang guru, Juliette (51).

Banyak pengunjuk rasa menuduh Emmanuel Macron menunjukkan “penghinaan dan kesombongan” bagi mereka yang menentang perubahan, yang merupakan batu kunci dari kampanye pemilihannya kembali tahun lalu.

Menteri Dalam Negeri Gérald Darmanin mengatakan, mayoritas dari 103 orang yang ditangkap di Paris pada aksi protes “kebanyakan masih muda” dan dikenal sebagai anggota kelompok “ultra kiri”. Pihak berwenang mengatakan lebih dari 120 petugas polisi telah terluka, tetapi tidak ada angka yang tersedia untuk jumlah pengunjuk rasa yang terluka.

Perdana Menteri, Élisabeth Borne mengkritik kekerasan tersebut. “Untuk mendemonstrasikan dan membuat keluhan yang didengar adalah hak. Kekerasan dan kehancuran yang telah kita lihat hari ini tidak dapat diterima,” ucapnya.

Sementara itu, Pemimpin sayap kiri radikal Jean-Luc Mélenchon meminta Emmanuel Macron untuk menarik undang-undang tersebut. Dia mengaku tidak setuju dengan kekerasan, tetapi mengkritik pengesahan ‘sepihak’ undang-undang tersebut.

“Kita harus melipatgandakan protes dan blokade kita. Di Prancis , ada rasa hanyut menuju otoritarianisme. Banyak orang mulai mengatakan itu terlalu jauh sekarang,” ujarnya.

Pemogokan yang meluas dan aksi industri menyebabkan gangguan transportasi besar di jalan dan pembatalan penerbangan. Otoritas bandara mengatakan, protes akan memiliki efek knock-on pada penerbangan akhir pekan.

Menurut mereka, hingga 30 persen dari mereka yang dijadwalkan berangkat dari Orly, selatan Paris , dibatalkan pada hari Jumat dan Sabtu, bersama dengan hingga 20 persen keberangkatan dari Marseille, Bordeaux dan Lyon. Para pengunjuk rasa memblokir terminal 1 di bandara Charles de Gaulle di utara Paris pada Kamis, 23 Maret 2023 pagi.

Sekolah-sekolah ditutup dan perguruan tinggi diblokir di sekitar Prancis , termasuk di Paris , Rouen, Marseille, dan Toulouse. Para pengunjuk rasa juga memblokir pintu masuk ke depot bensin di Bouches-du-Rhône.

Dalam wawancaranya yang disiarkan televisi selama 30 menit, Emmanuel Macron mengesampingkan pembubaran parlemen, perombakan pemerintahan sentrisnya dan pengunduran diri perdana menterinya Élisabeth Borne seperti yang dituntut oposisi. Dia mengatakan, satu-satunya penyesalannya adalah “bahwa saya belum berhasil meyakinkan orang-orang tentang perlunya reformasi ini”.

Valérie Rabault, presiden kelompok partai Sosialis di majelis nasional, meminta Emmanuel Macron untuk memerintahkan debat terakhir di parlemen sebelum undang-undang pensiun diberlakukan.

“Kami menempatkan semua opsi di atas meja. Kami telah memasuki krisis demokrasi yang sangat serius, kurang dari setahun sejak presiden republik terpilih,” ucapnya.

“Blokade merusak demokrasi kita dan merusak citra Prancis di luar negeri,” ujar Valérie Rabault menambahkan.

Selain itu, Marie Buisson dari serikat CGT mengatakan bahwa para pengunjuk rasa “bertekad”. “Karena (undang-undang) itu disahkan dengan paksa, ada kemarahan. Tujuan kami adalah agar jumlah maksimum orang berhenti bekerja,” katanya, dikutip Pikiran-Rakyat.com dari The Guardian, Senin, 27 Maret 2023.***