redaksiharian.com – Penjualan mobil di segmen SUV kompak terus mengalami peningkatan. Melihat potensi itu, pabrikan mobil asal China, Wuling tertarik dan merilis produk Alvez yang bersaing dengan produk serupa seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta .

Wuling Alvez berpotensi menjadi perusak pasar baru segmentasi ini. Selain fiturnya yang canggih, mobil ini memiliki berbagai kelebihan, salah satunya harganya murah.

Tak heran rasanya jika penghuni segmen SUV kompak terusik dengan lahirnya mobil ini.

Lantas seperti apa perbandingan spesifikasi Wuling Alvez vs Hyundai Creta ? Simak berikut ini:

Dimensi

Wuling Alvez sebagai penantang baru memiliki dimensi panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.610 mm.

Di sisi lain, Hyundai Creta memiliki panjang 4.315 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggai 1.630 mm.

MesinWuling Alvez menggunakan dapur pacu 1.485 CC dengan tenaga maksimum hanya 105 HP di 5.800 RPM dengan torsi puncak 143 Nm di 4.000-4.600 RPM.

Sedangkan Hyundai Creta menggunakan mesin Smartstream 1,5 G dengan kapasitas 1.497 CC. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga hingga 115 HP dengan torsi maksimum mencapai 144 Nm dipadukan dengan transmisi iVT.

Fitur

Untuk fiturnya, Wuling Alvez terbilang lengkap. Misalnya di bagian interiornya, Wuling Alvez sudah menggunakan kemudai yang dilapisi bahan kulit. Selain itu, di beberapa bagian juga muncul soft touch yang membuat kesan mewah terlihat dari mobil ini.

Di bagian fitur hiburannya, Wuling Alvez menggunakan head unit berukuran 10,25 inci. Head up display ini juga bisa terhubung dengan koneksi internet karena sudah menggunakan teknologi internet of vehicle (IOV).

Mata pengemudi juga menjadi lebih nyaman karena penggunaan kluster digital berukuran 7 inci. Selain itu fitur lainnya yang ada Wuling Alvez ini juga meliputi electric sunroof, cruise control, dan lainnya.

Sedangkan Hyundai Creta terlahir dengan fitur mitigasi kecelakaan canggih bernama Hyundai Smartsense. Fitur canggih ini meliputi adanya teknologi seperti Forward Collision Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Hill Start Assist Control (HAC), Blin Spot Collision Avoidance Assist (BCA), Rear Cross Traffic Collision Avoidance (RCCA), dan Rear View Monitor (RVM).

Di bagian hiburannya, Head up display Creta memiliki ukuran 8 inci yang sudah terintegrasi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Hyundai Creta juga punya teknologi canggih dengan nama Hyundai Bluelink.

Teknologi ini memungkinkan beberapa aktivitas canggih seperti melacak mobil, melakukan panggilan SOS, menghentikan mobil jika Creta dimaling, hingga menyalakan mobil meskipun dari jarak jauh.

Harga

Wuling Alvez untuk tipe temurahnya yakni Alvez SE MT Dijual dengan banderol Rp209 juta. Sedangkan yang paling mahal harganya di bawah Rp300 juta yaitu Wuling Alvez EX CVT seharga Rp295 juta.

Di sisi lain, Hyundai Creta memiliki harga jual termurah mulai Rp291,3 juta. Sedangkan yang paling mahal yaitu tipe Prime IVT sudah dijual dengan banderol mencapai Rp408,3 juta.***