redaksiharian.com – Kebiasaan bangun jam 5 pagi dipercaya bisa memberikan energi positif bagi tubuh. Meski ini merupakan sebuah tantangan, tapi kebiasaan bangun jam 5 mampu membuat hidup menjadi lebih baik.

Konsep The 5 Am Club diperkenalkan di dunia Barat oleh Robin Sharma. Berdasarkan ringkasan di situs Amazon, Robin Sharma memperkenalkan cara bangun jam 5 pagi berdasarkan rutinitas pagi yang revolusioner.

Kebiasaan bangun jam 5 pagi juga sangat berpengaruh pada kinerja sehari-hari menjadi lebih efektif karena mereka bisa memulai segala pekerjaan lebih pagi dan membuat penyelesaiannya lebih awal.

Tidak hanya berlaku bagi pengusaha, karyawan dan staff kantoran bisa memulai aktivitas bangun jam 5 pagi. Kegiatan ini bisa lebih teratur karena dimulai lebih awal, hal ini bisa jadi terhindar dari risiko terlambat masuk kantor.

Begitu juga dengan ibu rumah tangga, mereka merupakan pionir di rumahnya. Jika kegiatan terbiasa dilakukan siang, maka semuanya akan selesai terlambat. Misalnya, bekerja, menyiapkan sarapan, pergi sekolah. Hidup akan menjadi terburu-buru.

Jika suatu pekerjaan selesai, maka bisa berlanjut melakukan pekerjaan lain. Meski dianggap sepele, bangun jam 5 pagi secara teratur membuat hidup lebih disiplin.

Berikut 50 Hal yang Bisa Dilakukan Jam 5 Pagi:

Baca Juga: Anak Jangan Dikasih Susu Kental Manis, Pakar Ungkap Makanan Kaya Protein yang Murah

Baca Juga: Pakar: Kasus Flu Burung pada Manusia di Kamboja Harus Jadi Peringatan bagi Indonesia