redaksiharian.com – Asuransi merupakan produk yang dapat membantu melindungi Anda dan keluarga dari risiko finansial yang tidak terduga, seperti kecelakaan atau sakit yang memerlukan biaya pengobatan tinggi, kerusakan pada aset, hingga risiko kematian.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, asuransi kini bisa dibeli secara online yaitu lewat marketplace layaknya e-commerce. Meski demikian, Anda pun masih bisa membelinya lewat bantuan para agen atau tenaga pemasar.

Sejatinya, tidak ada yang lebih baik dari kedua pilihan ini, karena baik agen atau online memiliki kelebihan dan kekurangan.

Oleh karena itu, ketahuilah kelebihan dan kekurangan ini sebelum Anda memutuskan untuk membeli asuransi.

Ada beberapa perusahaan marketplace atau broker asuransi kini menawarkan layanan pembelian asuransi secara online. Keuntungan utama dari membeli asuransi online adalah kemudahan dan kepraktisan.

Anda bisa membeli asuransi kapan saja dan di mana saja tanpa perlu datang ke kantor perusahaan asuransi atau bertemu dengan agen penjualnya. Dan yang tak kalah penting adalah, Anda bisa membandingkan produk asuransi dari berbagai perusahaan dengan mudah dan memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.

Tapi jangan salah, membeli asuransi secara online juga ada kekurangannya. Hal itu adalah tidak akan ada bantuan pendampingan untuk proses klaim dari pihak agen.

Kita tahu bahwasannya, agen yang baik bisa sangat membantu nasabah dalam proses klaim, dan tak jarang mereka pun bisa membantu Anda mengisi form klaim yang dibutuhkan. Ketika Anda membeli asuransi secara online, maka Anda harus siap untuk mengurus proses ini sendiri.

Membeli asuransi melalui agen asuransi dapat memberikan manfaat tambahan seperti saran ahli, dukungan dan bantuan selama proses pembelian, hingga proses klaim. Agen juga dapat membantu Anda memilih produk asuransi yang tepat untuk kebutuhan Anda dan anggaran Anda serta menjelaskan dengan jelas tentang fitur dan manfaat dari polis asuransi yang ditawarkan.

Dan bila agen merupakan perencana keuangan yang tersertifikasi, mereka juga bisa membantu Anda mengatur atau mengelola keuangan, demi memudahkan Anda dalam membayar premi.

Keuntungan lain dari membeli asuransi melalui agen adalah adanya hubungan personal yang terjalin antara Anda dan agen. Agen asuransi dapat membantu Anda dalam mengajukan klaim asuransi dan memberikan saran tentang perubahan atau penyesuaian polis asuransi Anda jika ada perubahan pada kebutuhan Anda.

Namun jika Anda membeli dari agen, agen tentunya akan mewakili satu perusahaan asuransi saja. Anda tidak bisa melakukan komparasi, selain dengan menghubungi pihak agen asuransi dari perusahaan lain dan membandingkannya sendiri.

Di samping itu, sebagian agen juga cukup agresif dalam melakukan penjualan produk asuransinya. Tak jarang, mereka rutin melakukan follow up ke calon-calon nasabahnya mengenai produk yang dia tawarkan.

Bagi beberapa orang, hal ini tentu sangat mengganggu. Alhasil, calon nasabah malah menjauhi agen tersebut.