redaksiharian.com – Ajang temu pengembang game di Indonesia, Indonesia Game Developer Exchange (IGDX), kembali digelar. IGDX 2022 kini digelar secara offline di hotel The Stones, Legian, Bali pada 14-16 Oktober 2022.
IGDX sendiri merupakan program kerja sama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dengan Asosiasi Game Indonesia (AGI). IGDX 2022 telah didahului oleh sejumlah kegiatan, salah satunya sesi pelatihan IGDX Academy .
IGDX Academy merupakan sesi bimbingan yang dipimpin oleh mentor lokal dan asing yang berpengalaman di industri game.
Kegiatan yang berlangsung secara offline dan online ini ditujukan untuk mengedukasi pengembang game lokal dengan wawasan dan pengetahuan baru.
Ketua Tim Business Matchmaking Kemkominfo, Luat Sihombing, menyebut adanya peningkatan jumlah peserta IGDX Academy 2022 dibandingkan dengan tahun lalu.
“Tahun ini IGDX Academy bertambah dari 24 peserta (pengembang) kini menjadi 36 peserta. Sesi mentoring ‘1 in 1’ sebanyak 7 sesi per mentor, dan setiap game developer mendapatkan 2 mentor, sehingga total mendapatkan 14 sesi mentorship,” ujar Luat dalam keterangan tertulis, Jumat (14/10/2022).
Luat menjelaskan, IGDX Academy memiliki misi utama untuk mendorong para profesional industri game dapat naik level ke tahap produk dan bisnis.
Tahap mentoring di IGDX Academy sudah dijalani sejak 18 Agustus lalu hingga 16 November 2022 mendatang.
IGDX Academy didahului dengan tahap registrasi yang diadakan pada 4 Juli – 6 Agustus lalu. Pengembang yang menjadi peserta dibagi ke dalam dua kategori, yakni intermediate dan advance.
Terdapat 36 peserta yang terbagi menjadi dua kategori, yakni 15 peserta di level intermediate dan 21 lainnya di level advance.
Mentor dan praktisi yang akan memberikan pelatihan berjumlah 20 orang yang terdiri dari 10 mentor dalam negeri dan 10 mentor mancanegara.
Daftar mentor yang terlibat dalam acara IGDX Academy 2022 adalah sebagai berikut.
Mentor yang bergabung dalam IGDX 2022 di level intermediate
- CEO of Arsanesia & Reality Chan – Adam Ardiasasmita.
- VP Consumer Products of Agate – Cipto Adiguno.
- CEO of Joyseed Gametribe- Joseph Putra Wibawa.
- CEO of Digital Happiness – Rachmad Imron.
- CEO of GameChanger Studio – Riris Marpaung.
- CEO of Miracle Group Indonesia) – Orlando Nanditor.
- CEO of Touchten Games – Rokimas Suharyo.
- CEO of Plexus/Oray Studio – Iqbal Aribaskara.
- Ceo of Toge Productions – Kris Antoni Hadiputra.
- CEO of Gambir Game Studio – Shafiq Husein.
Mentor yang bergabung dalam IGDX 2022 di level advance
- Co-founder of Execution Labs – Jason Della Rocca.
- Founder of Gameconsulting.com.au – Jon Cartwright.
- General Manager of Phoenix Labs – Renee Gittins.
- Product Marketing Manager of Mighty Bear Games – Jon Kimmich.
- Founder & Product Design Strategy Consultant, Games Analyst – Patrick Rose.
- Head of Business Development Google Play Games – Guy Charusadirakul.
- Founder & CEO, SLAB – Sebastian Lagemann.
- Head of Corporate Development, Asia (excl. China) and Europe of Bytedance – Langer Lee.
- Product Marketing Manager of Mighty Bear Games – Mary-Anne Lee.
- Product Manager of Mighty Bear Games – Martha Schoppa.
- Senior Engineer, Team Grit – John Comes.
- VP Head of Publishing of Plug in Digital – Guillaume Jamet.
- CEO of OPGames – Chase Freo.
- Director of Engineering of PlayEveryWare – Zak Whaley.