Google Buka Pintu Untuk Game Android di Windows

Google Buka Pintu Untuk Game Android di Windows

redaksiharian.com – NESABAMEDIA.COM – Salah satu nilai jual utama Windows 11 ketika sistem operasi itu baru saja diumumkan adalah akan adanya dukungan aplikasi Android. Namun saat ini, fitur tersebut ternyata belum bisa digunakan oleh semua pengguna.

Hanya mereka yang telah bergabung di program Windows Insider saja yang bisa mencoba dukungan tersebut, dan Microsoft bermitra dengan Amazon Appstore, yang koleksi aplikasinya tidak sebanyak yang dimiliki Google. Jika Google Play berisi 2,5 juta lebih aplikasi, Amazon hanya memiliki sekitar 450 ribu aplikasi saja.

Kini Google telah mengeluarkan keputusan yang cukup berani namun akan menjadi kabar baik bagi pengguna Windows. Dalam event The Game Awards beberapa hari yang lalu, Google mengungkapkan bahwa mereka akan menghadirkan aplikasi Play Games desktop ke Windows.

Dan itu tidak hanya untuk pengguna Windows 11 saja, namun Google juga mengatakan bahwa aplikasi itu juga akan hadir untuk pengguna Windows 10. Mungkin ini adalah kabar yang akan membuat kesal Microsoft, mengingat mereka tampaknya telah mengembangkan emulator Android sebagai daya tarik khusus dalam mendorong pengguna untuk memutakhirkan ke Windows 11.

Di Android, Google Play Games merupakan wadah bagi layanan dan juga aplikasi terkait game yang memiliki fitur sinkronisasi data, plugin sosial, pencapaian dan ranking, sebuah layanan yang digunakan oleh lebih dari 2,5 miliar pengguna setiap bulan.

Sekarang, ini tampaknya akan menjadi sebuah langkah baru dengan dukungan untuk emulasi Android, tanpa dibutuhkannya streaming. Google menjanjikan bahwa pengguna akan dengan mudah dan lancar beralih antar perangkat, mengisyaratkan adanya kemungkinan sinkronisasi progress secara cloud dari Android ke Windows dan sebaliknya.

“Mulai tahun 2022 nanti, pengguna akan mampu memainkan game favorit Google Play mereka di lebih banyak perangkat, secara lancar beralih antar ponsel, tablet, Chromebook dan dalam waktu dekat adalah perangkat PC Windows. Produk buatan Google ini menghadirkan yang terbaik dari Google Play Games ke lebih banyak laptop dan desktop, dan kami sangat senang dapat memperluas platform kami agar para pemain dapat lebih menikmati game Android favorit mereka,” kata Greg Hartrell, Direktur Produk Google di Android dan Google Play.

Google kemudian menjelaskan bahwa mereka telah membangun aplikasi mereka sendiri khusus untuk Windows, tanpa bekerja sama dengan Microsoft. Selain dari informasi di atas, Google memilih untuk bungkam tentang kapan hadirnya dukungan ini, dan apakah itu nanti akan hanya terbatas pada game saja atau tidak.

    Pernah menjadi jurnalis dan juga Social Media Manager di Merdeka.com selama lebih dari 2 tahun, sebelum akhirnya mengerjakan sejumlah proyek website yang dioptimasi dan dimonetisasi Google Adsense.

    Kini sedang aktif dalam pembuatan konten Youtube dokumenter bertema sosial serta menjadi penulis konten untuk sejumlah website.