Perbandingan Spesifikasi Yamaha Grand Filano vs Honda Scoopy, dari Mesin hingga Desain

redaksiharian.com – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengeluarkan motor terbarunya yang masuk ke dalam segmen Classy Yamaha yakni Yamaha Grand Filano . Motor tersebut dirilis pada 17 Januari 2023.

Simak perbandingan spesifikasi Yamaha Grand Filano vs Honda Scoopy dari segi mesin hingga desain.Banyak yang baru, mulai dari desain Yamaha Grand Filano yang cenderung tampil klasik dengan sentuhan modern di beberapa fitur serta mesinnya yang hybrid. Untuk harga, Yamaha Grand Filano cenderung sedikit lebih mahal pada Rp27 juta sampai dengan Rp27,5 juta.Pada kategori yang mirip, Honda Scoopy masih dibanderol dengan harga Rp21,6 juta hingga dengan Rp22,4 juta. Harga tersebut on the road untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Yamaha Grand Filano memiliki dapur pacu mesin hybrid, alias setengah elektrik setengah kombusi dengan ruang bakar sebesar 125cc. Kurang lebih masih mirip seperti kakaknya di Indonesia, Yamaha Fazzio.Namun ada perbedaan angka sedikit untuk Yamaha Grand Filano , dengan muntahan tenaga maksimum sebesar 8,4 dk pada 6.500 rpm, dengan torsi alias tenaga putaran bawah motor 10,4Nm pada 5.000rpm.Di sisi lain, Honda Scoopy punya mesin 110 CC 1 Silinder eSP berpendingin udara. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sekitar 8,8 dk pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500rpm.Jangan salah persepsi karena bukan unggul-unggulan, tapi memang beda racikan pada kedua mesin. Yamaha Grand Filano berkarakter Over Stroke pendek, alias panjang langkah mesin tidak terlalu jauh dari besar diameter piston.

Kedua motor ini bisa dibilang sebagai skutik retro yang modern karena sama-sama memiliki desain bulat dari depan sampai belakang.Sementara untuk dimensi, Yamaha Grand Filano punya panjang 1.820 mm, lebar 685 mm, tinggi 1.155 mm, dan jarak sumbu roda pada 1.280 mm.

Yamaha Grand Filano memiliki fitur-fitur teknologi terbaru, bisa dilihat dari fitur lampu-lampu full LED, positioning lamp, Smart Key System, One Push Start, Electric Power Socket, sampai dengan panel instrument digital yang sudah pakai layar TFT dan bisa dikoneksi ke smartphone.Untuk Honda Scoopy , lampu depannya pakai bentuk Oval yang ditanamkan LED projector. Honda Scoopy juga sudah pakai fitur USB Charger, dan smart key system.***