Malam tadi menjadi laga perdana piala dunia 2022 antara tuan rumah Qatar melawan Ekuador. Qatar vs Ekuador Bermain di Al Bayt Stadium. Hasil pertandingan Qatar vs Ekuador dimenangkan oleh Ekuador dengan skor 2-0. Timnas Qatar tampak tidak maksimal sejak menit awal. Para pemain Qatar tampak grogi, sering terjadi salah operan dan terlambat menutup ruang kosong di lapangan.

JALANNYA PERTANDINGAN QATAR VS EKUADOR

Timnas Qatar yang memainkan formasi 5-3-2 Sedangkan timnas Ekuador memainkan formasi 4-4-2 .

Di  babak pertama Timnas Ekuador langsung mendominasi pertandingan dan mencetak gol cepat dimenit 5′ lewat Enner Valencia namun gol tersebut langsung dianulir wasit karena Ener Valencia sudah terjebak dalam posisi offside pemain tampak kecewa karena sang pemain sudah melakukan selebrasi atas gol tersebut tetapi tak lama kemudian Enner Valencia mampu mencetak gol lewat titik penalti usai dirinya di langgar oleh pemain Qatar di dalam kotak terlarang dan dirinya sendiri lah yang menjadi eksekutor penalti dan membawa Ekuador unggul 1-0 atas Qatar.

Setelah itu tuan rumah Qatar mulai melakukan serangan namun selalu gagal menembus pertahanan yang sangat rapat dari timnas Ekuador.

Dimenit 31′ justru timnas Ekuador yang mampu menyarangkan gol keduanya lagi lagi lewat sang penyerang mereka yaitu Ener Valencia setelah menerima crosssing matang dari bek kanan, A. Preciado, setelah menerima umpan manis dari A. Presciado Ener Valencia langsung melakukan sundulan yang sulit dijangkau oleh kiper Qatar. 

Setelah gol kedua yang dilancarkan Ener Valencia lewat sundulannya sejumlah pemain Timnas Qatar sangat tampak prustasi dan justru melakukan banyak pelanggaran terhadap para pemain Timnas Ekuador

Jalannya pertandingan pada babak pertama juga berlangsung cukup keras. Terjadi 16 pelanggaran pada babak pertama, dan wasit juga sudah mengeluarkan 4 kartu kuning.

Dibabak kedua timnas Qatar Mulai melancarkan serangan serangan dari segala sisi namun taktik dari pelatih Qatar pun tidak mampu menembus rapatnya pertahanan dari timnas Ekuador dan di menit 68 keadaan tak banyak berubah terlihat ada banyak perbedaan kualitas antara pemain Timnas Qatar dan pemain Timnas Ekuador yang membuat negara bagian Amerika Latin ini terlihat sangat nyaman bermain tanpa adanya tekanan tim lawan.

Bahkan permainan Ekuador ini membuat para Sultan Qatar yang menyaksikan langsung para pemain timnas Qatar bertanding melawan timnas Ekuador terbuat terdiam usai negara kesayangannya tak mampu berbuat banyak dalam laga perdana piala dunia ini. Hingga babak kedua berakhir skor tak berubah Ekuador menang 0-2 atas tuan rumah.

Qatar vs Ekuador memang menjadi laga seru yang dinikmati oleh pecinta bola di seluruh dunia, dengan permainan berkelas yang mereka pertontonkan.

 

HASIL PERTANDINGAN QATAR VS EKUADOR

Dengan kemenangan melawan Qatar,  Ekuador sementara memimpin puncak klasemen di grup A di atas tiga negara Belanda Senegal dan Qatar, dan juga Enner Valencia juga menjadi top skor Piala dunia 2022 untuk sementara dengan 2 gol nya. Timnas Qatar juga pertama kalinya dalam sejarah tim tuan rumah mengalami kekalahan di laga pembuka Piala Dunia.

FAKTOR KEKALAHAN QATAR di Piala Dunia 2022

Mengutip dari beberapa sumber ada beberapa Faktor yang menyebabkan kekalahan bagi Timnas Qatar di laga perdana mereka di piala dunia yaitu ;

A. DEMAM PANGGUNG

Demam panggung itu memanglah sangat wajar setiap Timnas manapun kalau bermain di kandang pasti bermain sangat nervous namun jelas bahaya, namun qatar mengalami itu saat menjamu negara bagian Amerika Latin pada laga perdana piala dunia 2022 yaitu Ekuador.

Walaupun mendapatkan dukungan penuh dari para pendukungnya namun para pemain timnas Qatar justru malah merasa terbebani dan sangat grogi akibatnya mengalami kesalahan kesalahan yang elementer padahal sebelumnya rekor timnas qatar sebelum piala dunia sangat baik dimana mereka mampu meraih juara di piala asia pada tahun 2019 dengan mengalahkan jepang di final namun kepanikan pemain qatar tidak diberi ampun Ekuador menghukum mereka dengan 2 gol tanpa balas.

 

B. KALAH KUALITAS

Ketika Qatar vs Ekuador berlangsung di pertandingan pembuka. Qatar memang kalah kualitas dari timnas ekuador dari perhitungan aspek, sepakbola asia dibawah sepakbola amerika latin itu sangat sulit dibantah jadi ketika qatar wakil asia menghadapi wakil amerika latin Ekuador, Qatar jelas jelas sangat sadar siapa yang dihadapinya namun itu tidak bisa dijadikan alasan sebab setiap kesebelasan pemain mereka dituntut untuk menang sekalipun yang mereka hadapi itu Jerman, Brazil ataupun Perancis. Namun lagi lagi semangat sebagai tuan rumah tidak cukup melawan qatar untuk mengalahkan ekuador yang secara permainan kecepatan pergerakan dan penyelesaian akhir jelas diatas Qatar

 

C. EKUADOR ON FIRE

Kekalahan timnas Qatar pun tidak menyeluruh karena Timnas Qatar tim yang lemah dibandingkan Ekuador sebab bisa saja Qatar menang andai mereka bermain lebih tenang dan kompak tetapi justru di pertandingan Qatar vs ekuador para pemain ekuador sangatlah percaya diri dengan instruksi pelatih mereka Gustavo Alvaro tim ekuador bahkan berkesempatan unggul 1-0 pada menit 5 andai gol mereka tidak dianulir wasit

D. FORMASI DAN LINE UP Qatar vs Ekuador

Dibalik kemenangan timnas ekuador atas timnas qatar ada pengaruh dari pada juru taktik yang memberi instruksi kepada para pemainya, inilah formasi dan line up yang digunakan para pelatih untuk bertanding:

 

QATAR XI (5-3-2): 

Saad; Homam, Abdelkarim, Khoukhi, Bassam, Pedro; Karim, Aziz, Alhaydos (72′ Waad); Afif, Almoez (72′ Muntari)

Pelatih: Felix Sanchez (Spanyol)

Cadangan:

21 Yousof Hassan, 22 Meshaal Barsham, 4 Mohammed Waad, 5 Tarek Salman, 7 Ahmed Alaaeldin, 8 Ali Assadalla, 9 Mohammed Muntari, 13 Musaab Khidir, 17 Ismail Mohamad, 18 Khalid Muneer, 20 Salem Al Hajri, 23 Assim Madibo, 24 Naif Abdulraheem, 25 Jassem Gaber, 26 Mostafa Tarek Meshaal.

 

EKUADOR XI (4-4-2): 

Galindez; Estupinan, Hincapie, Torres, Preciado; Ibarra (68′ Sarmiento), Caicedo (90′ Franco), Mendez, Plata; Estrada (90′ Rodriguez), Valencia (77′ Cifuentes).

Pelatih: Gustavo Alfaro (Argentina)

Cadangan:

2 Moises Ramirez, 22 Alexander Dominguez, 4 Robert Arboleda, 5 Jhon Cifuente, 6 William Pacho, 8 Carlos Gruezo, 9 Eduar Preciado, 14 Xavier Arreaga, 15 Angel Mena, 16 Jeremy Sarmiento, 18 Diego Jose Palacios Espinoza, 21 Alan Franco, 24 Djorkaeff Reasco, 25 Jackson Porozo, 26 Kevin Rodriguez.

 

KONTROVERSI :

Dibalik serunya pertandingan antara Qatar vs Ekuador, Laga tersebut sudah dibumbui dengan sejumlah kontroversi sebelum pertandingan salah satunya adalah rumor bahwa Timnas Qatar berupaya untuk menyuap 8 pemain Ekuador untuk mengalah dalam pertandingan pembuka piala dunia 2022 ini. 

Dikutip dari marca dugaan penyuapan ini dilaporkan oleh Pakar Politik dan Direktur Regional British Centre di Arab saudi. Ada 8 pemain timnas Ekuador dilaporkan telah menerima suapan sebesar 7.4juta dollar us atau sekitar 116 miliar rupiah sebagai imbalan mereka untuk mengalah pada pertandingan melawan Qatar di laga pembuka piala dunia 2022.

Piala dunia 2022 juga diwarnai dengan sejumlah protes mulai dari larangan LGBT hingga minuman beralkohol namun presiden Fifa Gianni Infantino melakukan pembelaan terhadap Qatar.

KESIMPULAN HASIL PERTANDINGAN QATAR VS EKUADOR

Dengan dimenangkannya pertandingan membuat timnas Ekuador kokoh dipuncak klasemen sementara di Grup A Piala Dunia 2022. Enner Valencia membuat rekor baru untuk negaranya sendiri, dengan ini ia menjadi penyelamat tim di laga pembuka.

Qatar  seharusnya belajar lebih banyak dari Ekuador, dengan kontroversinya membuat tim tuan rumah kehilangan respect dari penggemar, bahkan pecinta piala dunia.