Benzema Absen di Piala Dunia 2022, Apa Alasannya?

Benzema Absen di Piala Dunia 2022, Apa Alasannya?

Perancis akan melakoni partai pertama mereka melawan Australia di Grup D pada Rabu, ( 23/11/2022 ). 

Sayangnya tim ayam jantan harus merelakan Karim Benzema dilanda badai cedera. Ia dipastikan absen untuk membela Perancis di Piala Dunia tahun ini. 

Didier Deschamps dengan berat hati mencoret Karim Benzema empat hari sebelum memasukkan keseluruhan skuadnya ke FIFA pada Minggu (20/11/2022).

Apa Penyebab Benzema Absen di Piala Dunia 2022?

Karim Benzema absen untuk berlaga di Piala Dunia Qatar tahun ini setelah menderita robek otot di paha kirinya.

Pemenang Ballon d’Or, berusia 34 tahun, datang ke turnamen setelah menderita cedera lutut dan hamstring meskipun ia telah berlatih bersama tim nasional Perancis.

Sabtu adalah sesi latihan terakhir Benzema bersama Perancis dan dia terpaksa meninggalkannya lebih awal setelah merasakan sakit di paha kirinya. 

Federasi Sepak Bola Prancis kemudian melakukan konfirmasi bahwa striker itu mengalami “robekan” yang akan membuatnya absen dari turnamen.

Benzema menulis di Instagram: “Dalam hidup saya, saya tidak pernah menyerah tetapi malam ini harus memikirkan tim dan diri saya sendiri, jadi itu alasan untuk memberitahu kalian bahwa dengan berat hati saya meninggalkan tempat saya kepada seseorang yang dapat membantu grup kami membuat Piala Dunia yang lebih baik.”

Ia juga tak menyangka bisa absen dari ajang empat tahunan ini, Sejak memenangkan Ballon d’Or bulan lalu, Benzema bermain kurang dari 30 menit untuk Real Madrid.

Meskipun ia menjadi pencetak gol terbanyak Prancis di Piala Dunia 2014 di tahun ini ia sangat menyesal tidak bisa bermain di Perancis. 

Penyebab lainnya yang membuat Benzema absen kemungkinan ia tak memiliki waktu jeda bermain. Setelah bermain full bersama  Real Madrid, ia langsung berlatih bersama Perancis. 

Kami melihat awal cedera Benzema dimulai saat pertandingan Real Madrid di UCL tiga pekan lalu. Cedera rectus femoris yang dialaminya akan membutuhkan masa pemulihan selama tiga minggu.

 

Siapa yang Menggantikan Posisi Benzema?

Benzema absen di Piala Dunia 2022 membuat Perancis dilanda kerugian, tetapi meskipun tanpa Karim Benzema, Perancis masih memiliki penyerang yang kuat untuk menghadapi Australia. Mereka kemungkinan akan memilih Olivier Giroud sebagai penyerang tengah.

Giroud akan diapit oleh pemain bintang Piala Dunia 2018 Kylian Mbappe dan pemain Barcelona Ousmane Dembele atau pemain veteran Antoine Griezmann.

Giroud sendiri telah mencetak 49 gol untuk Perancis, sementara Griezmann 42 gol dan Mbappe yang berusia 23 tahun sudah mencetak 28 gol. Dembele tampil bagus untuk pemuncak klasemen liga Spanyol Barcelona musim ini.

Kami memberikan analisis karena nantinya Giroud akan bermain penuh selama pertandingan. Kondisinya sangat fit melebihi rekan satu timnya, Ben Yedder. Tapi kami beropini bahwa bisa saja Didier Deschamps memainkan Ben Yedder sebagai ujung tombak utama. 

Permasalahannya hanya saja pada pengalaman dimana Yedder baru mendapati 19 caps bersama timnas Perancis.  25 pemain telah dibawa oleh Deschamps dengan mengurangi satu pemain yaitu Karim Benzema. 

Sangat profesional bahwa Deschamps tak mengganti Benzema dengan menambah satu pemain untuk bertanding di Qatar. Padahal bisa saja ia mengganti posisi Benzema untuk berada di Qatar seperti Anthony Martial, atau Saint Maximin. 

Meskipun keduanya memiliki skill dan pengalaman yang cukup kuat untuk membuat mereka tampil di Qatar. Sekarang kita bisa melihat janji yang dipegang Deschamps tetap sama bahwa Benzema tak tergantikan dengan tidak menambah list pemain lainnya. 

 

Apa Kata Pemain Legend Mengenai Kondisi Benzema Absen? 

1. Patrice Evra: “Musuh terbesar Perancis adalah diri mereka sendiri”.

Mantan bek kiri Manchester United dan Perancis Patrice Evra berkomentar mengenai opininya tentang Benzema :

“Ini sangat sulit. Kami kehilangan banyak pemain berpengalaman. Saya berbicara dengan Karim dan dia mengatakan dia tidak akan berhasil. Kante juga pemain yang profesional ia ingin sekali bermain bersama Perancis”.

“Ada banyak kekhawatiran yang kami rasakan, tapi Perancis, masih memiliki skuat yang luar biasa. Saya harap Mbappe akan bersinar di Piala Dunia 2022. Kekuatan terbesar Perancis adalah kami memiliki skuat terbesar”. 

“Saya pikir Brazil akan melakukannya dengan baik, Argentina, semua tim Amerika Selatan akan melakukannya dengan sangat baik, terutama di musim panas di Qatar”.

“Ini akan menjadi Piala Dunia yang bagus karena semua pemain sudah siap. Setiap orang akan memberikan 100 persen dari babak penyisihan grup.”

 2. Clinton Morrison: ” Cedera adalah pukulan tetapi bisa menjadi pelajaran timnas Perancis”.

Mantan pemain internasional timnas Irlandia Clinton Morrison juga sangat sedih karena kejadian ini. 

Ia memberikan opini kepada media bahwa : “Saat Anda melihat para pemain yang hilang di lini tengah : Paul Pogba dan N’Golo Kante, itu adalah kunci lini tengah mereka. Nkunku cedera saat dia bermain di Piala Dunia 2018, dan sekarang Benzema”.

“Kadang-kadang itu bisa menggembleng skuad Perancis. Banyak orang akan meremehkan Perancis sekarang, mengatakan bahwa Anda kehilangan empat atau lima pemain bintang, tapi terkadang itu bisa menggembleng anggota skuat lainnya”.

Clinton Morrison juga beropini bahwa timnas Perancis masih punya Mbappe, salah satu pemain terbaik mereka. Tapi kehilangan Karim Benzema adalah pukulan besar. Bagi Morrison dia ada di sana bersama Harry Kane untuk menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia.

Kedepannya, pemain seperti Griezmann, Mbappe, dan bahkan Olivier Giroud, bisa dalam performa bagus untuk Les Blues, tapi itu tergantung diri mereka sendiri.

Perancis masih memiliki peluang, peluang tidak sebesar sebulan lalu mungkin, tapi mereka masih punya peluang bagus. 

 

Harapan Terbesar Karim Benzema untuk Skuadnya

Meskipun Benzema absen dan ia tidak bermain di Qatar tetap saja pria berusia 34 tahun ini berharap banyak untuk Perancis. 

Selama ini ia merasa dirinya begitu banyak berlatih bersama Perancis. Ia selalu berusaha sekuat tenaga untuk menjadi yang terbaik. 

Polemik Benzema absen juga membuat penggemar Les Blues kecewa. Mereka sama sekali tak mengharapkan kejadian ini terjadi.

Apalagi Giroud pemain yang kurang bisa diandalkan, fisiknya juga mulai melemah, serta insting mencetak gol mulai pudar. 

Benzema hanya berharap pemain bintang Mbappe bisa berkontribusi dengan baik, karena ia satu-satunya harapan setelah kepergiannya. 

 

Siapa yang Harus Disalahkan? 

Tak ada yang bisa disalahkan dengan kejadian Benzema absen di Piala Dunia tahun ini, semua kembali kepada seleksi alam. Alam bertindak untuk mengistirahatkan Benzema karena ia sudah dalam posisi lelah. 

Meskipun Benzema absen, ia memiliki keinginan untuk terus bermain bersama timnas Perancis, tetapi sudah dibuktikan oleh alam bahwa ia harus segera istirahat. 

Deschamps juga tak bisa disalahkan dalam posisi ini, semuanya mengalami nasib buruk yang sama. Tetapi Les Blues tak boleh berputus asa, masih banyak pemain bintang lainnya yang bisa membuat skuad tetap berjaya. Harapan terbaik adalah ketika mereka mampu keluar sebagai finalis Piala Dunia 2022.

Tetapi itu semua kembali ke diri mereka sendiri, ingin terus berjuang tanpa Benzema, atau lemah tak berdaya dengan permainan apa adanya.