redaksiharian.com – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Senin (12/12/2022), meminta Rusia untuk menarik pasukannya saat Natal 2022 .

Dia berbicara demikian saat berpidato di hadapan para peserta KTT G7 secara virtual.

Pada kesempatan itu, Zelensky turut mendesak para pemimpin Barat menyediakan senjata yang lebih canggih untuk membantu negaranya dalam perangnya melawan Rusia.

“Adalah tepat untuk memulai penarikan pasukan Rusia dari wilayah Ukraina yang diakui secara internasional pada Natal ini,” ucap Zelensky, sebagaimana dikutip dari Associated Press (AP).

Dia menambahkan, “Jawaban dari Rusiaakan menunjukkan apa yang sebenarnya mereka inginkan di sana: konfrontasi lebih lanjut dengan dunia atau akhirnya mengakhiri agresi”.

Zelenskyy juga mengusulkan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Formula Perdamaian Dunia untuk mengimplementasikan formula perdamaian Ukraina.

Presiden Ukraina itu berbicara kepada para pemimpin G7, berterima kasih kepada mereka atas dukungan saat ini dan memohon perpanjangan dukungan pada tahun baru mendatang.

Diamencatat, Ukraina memerlukan lebih banyak amunisi, pasokan energi dan juga diplomasi.

Para pemimpin G7 sendiri dilaporkan mendukung seruan Zelensky.

Dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan, para pemimpin G7 menyebut, Rusia harus segera mengakhiri perang ini dengan menghentikan serangannya terhadap Ukraina dan menarik pasukannya sepenuhnya dan tanpa syarat dari wilayah Ukraina.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.