redaksiharian.com – Ukraina dihantam serangan rudal Rusia dalam skala masif. Serangan rudal besar-besaran itu menghantam sejumlah kota termasuk ibu kota Ukraina, Kyiv.

“29 Desember. Serangan rudal besar-besaran… Musuh menyerang Ukraina dari berbagai arah dengan rudal jelajah berbasis udara dan laut dari pesawat dan kapal strategis,” kata angkatan udara Ukraina di media sosial, dilansir AFP, Kamis (29/12/2022).

Menurut penasehat presiden, Mykhaylo Podolyak, lebih dari 120 misil yang ditembakkan ke Ukraina.

Pada pagi ini waktu setempat, ledakan dilaporkan terjadi di kota-kota di Ukraina, termasuk ibu kota Kyiv, di mana walikota Vitali Klitschko memperingatkan potensi pemadaman listrik dan meminta penduduk untuk menimbun air.

Klitschko juga menyampaikan ada tiga warganya yang terluka, termasuk remaja perempuan berusia 14 tahun.

“Untuk saat ini, ada tiga orang terluka di Kyiv, termasuk seorang gadis berusia 14 tahun. Mereka semua berada di rumah sakit,” kata Walikota Kyiv Vitali Klitschko di media sosial.

Dua rumah pribadi terkena pecahan rudal yang jatuh di timur ibu kota. Sementara sebuah “perusahaan industri” dan taman bermain rusak di barat daya kota.

Serangkaian ledakan juga terjadi di timur Kharkiv.

Ledakan juga dilaporkan di kota barat Lviv, kata wali kota Andryi Sadovyi. “Sembilan puluh persen kota tanpa listrik,” kata Sadoviy di media sosial, juga memperingatkan potensi pemadaman air.

“Kami menunggu informasi lebih lanjut dari pakar energi. Trem dan bus troli tidak beroperasi di kota,” lanjutnya.

Gubernur wilayah Lviv , Maksim Kozytski, mengatakan pertahanan udara beroperasi dan meminta warga untuk tinggal di tempat penampungan.

Sebagai informasi, Setelah serangkaian kemunduran di medan perang pada musim panas dan musim gugur ini, Moskow telah meningkatkan kampanye udaranya berulang kali dengan menargetkan infrastruktur energi Ukraina dengan drone dan rudal.

Simak video ‘Ukraina Dapat Rudal Patriot dari AS, Putin: Sudah Ketinggalan Zaman’: