redaksiharian.com – Viral di media sosial surat edaran dari Waroeng SS (Spesial Sambal) yang memutuskan potong gaji Rp 300 ribu bagi karyawan penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) atau BLT gaji dari pemerintah. Pemotongan gaji dilakukan periode November dan Desember 2022.

Surat edaran yang ditujukan kepada semua pegawai WSS Indonesia itu beredar di media sosial dalam hal Penyikapan BSU. Surat ditandatangani langsung oleh Direktur WSS Indonesia Yoyok Hery Wahyono dan telah dikonfirmasi kebenarannya.

“Benar itu kebijakan saya,” kata Yoyok saat dihubungi detikcom, Minggu (30/10/2022).

Dalam surat itu disebutkan, pertimbangan Waroeng SS memotong gaji karyawan Rp 300 ribu bagi penerima BLT gaji karena demi keadilan dan pemerataan fasilitas kesejahteraan.

“Maka saya memutuskan personel yang telah menerima BSU sebesar Rp 600.000 akan menerima gaji dengan pengurangan Rp 300.000 per bulan untuk penerimaan gaji periode November dan Desember,” tulis surat tersebut.

Iuran BPJS pegawai Waroeng SS katanya selama ini dibiayai oleh perusahaan tanpa pemotongan gaji. Di sisi lain, kondisi bisnis perusahaan selama masa pandemi COVID-19 masih berjuang untuk normal dan sehat.

Dalam surat itu juga dijelaskan bahwa bagi pegawai yang tidak setuju dengan kebijakan perusahaan dapat mengundurkan diri.

“Apabila ada personel yang keberatan atau melawan keputusan saya ini maka silakan menandatangani surat pengunduran diri,” ujar manajemen Waroeng SS dalam surat itu.