redaksiharian.com – PT KAI Commuter mencatat sepanjang Oktober 2022 volume rata-rata penumpang di akhir pekan sebanyak 561.958 orang per hari. Pasalnya, akhir pekan kerap digunakan masyarkat untuk berlibur bersama keluarga.

VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan KRL merupakan salah satu transportasi publik yang digunakan oleh masyarakat untuk menuju tempat wisata dan tempat pembelajaran.

“Terpantau beberapa Stasiun ramai pengguna, seperti Stasiun Bogor, Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Jakarta Kota,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Minggu (30/10/2022).

Untuk stasiun dekat dengan tempat wisata, Stasiun Bogor merupakan stasiun dengan volume penumpang terbanyaak yaitu 37.867 orang per hari, selanjutnya Stasiun Jakarta Kota dengan jumlah volume sebanyak 19.589 orang per hari.

Selain stasiun yang dekat dengan tempat wisata, stasiun dekat dengan pusat perbelanjaan seperti Stasiun Tanah Abang pada libur akhir pekan juga menjadi salah satu stasiun dengan jumlah penumpang terbanyak. Tercatat selama Oktober ini, volume penumpang pada akhir minggu di stasiun tersebut rata-rata sebanyak 28.709 orang per hari.

Sementara itu, rata-rata volume penumpang akhir pekan di Stasiun Depok Baru dan Stasiun Tebet masing-masing sebanyak 19.117 dan 16.556 orang per harinya.


Persebaran penumpang KRL pada hari libur akhir pekan terjadi pada pukul 09.00-11.00 WIB pada pagi hari dan pada pukul 15.00-17.00 WIB pada sore hari.

Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh penumpang untuk selalu merencanakan perjalanan dengan cermat. Selain itu, penumpang juga diimbau untuk selalu menggunakan aplikasi KRL Access untuk mendapatkan info jadwal perjalanan, kepadatan di stasiun, serta posisi KRL yang akan dinaiki secara real time.

Bagi penumpang yang membawa anak minimal usia 3 tahun atau tinggi minimal 90 sentimeter (cm) sudah diwajibkan untuk membeli tiket. Usahakan untuk menghindari jam-jam ramai penumpang pada hari libur.

“Pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan orang tua atau pendamping selama dalam perjalanan,” ungkapnya.

Untuk penumpang yang membawa barang bawaan, KAI Commuter menyediakan bagasi di atas tempat duduk sebagai tempat untuk menaruh barang bawaannya. Ukuran bagasi tangan yang diizinkan untuk dibawa ke dalam KRL dengan ukuran 40 cm x 30 cm x 100 cm dan tidak menggangu kenyamanan penumpang lain saat naik KRL.